Kompas.com - 06/02/2020, 19:03 WIB


KOMPAS.com - Dalam studi terbaru ilmuwan membuktikan keunikan lain dari Penguin. Bahasa burung yang mendiami benua terdingin di muka bumi ini ternyata mengikuti kaidah bahasa manusia.

Para ahli percaya, bagaimana hukum linguistik ini dapat terjadi di spesies non primata.

Dalam suatu penelitian, melansir The Independent, Kamis (6/2/2020), diungkapkan bahasa penguin ternyata mematuhi aturan yang sama dengan ucapan manusia.

Menurut para ilmuwan mengatakan obrolan ringan antar penguin mengikuti beberapa kaidah yang sama dengan obrolan yang biasa dilakukan manusia.

Baca juga: Kali Pertama, Penguin Sesama Jenis di Australia DIberi Telur Adopsi

Burung-burung yang tidak bisa terbang itu diketahui menunjukkan sejumlah sifat yang sama seperti yang dimiliki manusia.

Termasuk hubungan monogami, kemitraan sesama jenis, dan bahkan menurut beberapa penelitian ada kesamaan tentang pelacuran.

Studi terbaru dari penguin dari University of Torino menemukan bukti baru tentang bagaimana burung-burung ini mematuhi beberapa aturan linguistik yang sama dengan manusia.

Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Biology Letters, penelitian mengambil lagu-lagu penguin Afrika yang terancam punah.

Bahasa dalam lagu tersebut menunjukkan adanya penerapan hukum Zipf dan hukum Menzerath-Altmann.

Baca juga: Penguin Mata Kuning Terancam Punah, Apakah karena Ulah Nelayan?

Hewan mengukuti dua hukum utama, yakni hukum Zipf dan hukum Menzerath Altmann. Hukum Zipf adalah kata-kata singkat yang lebih sering digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.