Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Angin dan Petir 3 Hari ke Depan

Kompas.com - 06/02/2020, 17:35 WIB
ilustrasi hujan lebat Wavebreakmedia Ltdilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan bagi beberapa wilayah akan potensi hujan lebat dan angin kencang dalam tiga hari ke depan, 6-8 Februari 2020.

Fenomena cuaca ini disebabkan oleh adanya bibit bibit siklon tropis di Perairan Barat Australia yang bergerak ke arah Barat Daya Sumatera, daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera, serta sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Kepulauan Nias dan Mentawai, dan di Perairan utara Maluku Utara.

Terdapat juga daerah belokan angina di wilayah Sumatera bagian tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Perairan Utara Sulawesi.

Pantauan BMKG juga mendapati adanya low level jet stream dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot di wilayah Samudra Pasifik Timur Philipina hingga Laut Cina Selatan.

Baca juga: Masuki Musim Hujan, Jamur Raksasa Akan Bermunculan di Indonesia

Faktor-faktor ini membuat beberapa wilayah berikut berpotensi diguyur hujan lebat.

Untuk hari Kamis (6/2/2020): Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Untuk hari Jumat (7/2/2020): Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Untuk hari Sabtu (8/2/2020) Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Katak Bernyanyi Usai Hujan?

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada hari Kamis (6/2/2020): Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X