Fosfor, Senyawa Penting dalam Kehidupan, Ditemukan pada Gugusan Bintang

Kompas.com - 02/02/2020, 17:03 WIB
Fosfor ditemukan pada gugusan bintang ALMA/ESO, NAOJ, NRAO; V.M. RIVILLA ET AL; MARIO WEIGAND/WWW.SKYTRIP.DEFosfor ditemukan pada gugusan bintang

KOMPAS.comFosfor (phosphorus) adalah salah satu senyawa terpenting dalam pembentukan kehidupan. Baru-baru ini, para astronom menemukan senyawa sumber kehidupan tersebut pada gugusan bintang.

Gugusan bintang tersebut dinamakan AFGL 5142, dengan jarak sekitar 7.000 tahun cahaya dari Bumi.

Phosphorus monoxide dan phosphorus mononitride terdeteksi pada gas dan debu yang bertebaran di sekitar gugusan bintang tersebut. Pembentukan senyawa ini diakibatkan oleh radiasi sinar matahari.

Studi ini dimuat dalam Monthly Notices of the Royal Astronomy Society edisi Februari.

“Fosfor sebelumnya memang pernah terdeteksi, namun belum ada yang bisa menentukan lokasi pastinya,” tutur Maria Drozdovskaya, ahli astrokimia dari University of Bern, Swiss.

Baca juga: Astronom Temukan Planet di Bintang Terdekat, Dijuluki “Super-Earth”

Dilansir dari Science News, Minggu (2/2/2020), senyawa phosphorus monoxide mendominasi debu yang bertebaran di sekitar gugusan bintang tersebut.

Molekul dari phosphorus monoxide juga terdeteksi pada komet yang melintas di Tata Surya. Penemuan ini menjadi bukti bawa komet bisa jadi media untuk menghantarkan zat fosfor.

Observasi ini dilakukan menggunakan Atacama Large Milimeter/submillimeter Array (ALMA) yang berlokasi di Gurun Atacama, Chile. Dengan resolusi tinggi, ALMA bisa melihat dengan detail gugusan bintang tersebut.

Baca juga: Bintang Raksasa Betelgeuse Bertindak Aneh, Diprediksi Akan Meledak

Meski begitu, dengan ditemukannya fosfor pada gugusan bintang baru maupun komet, bukan berarti perjalanannya dekat dengan pembentukan planet dan kehidupan seperti Bumi.

Sampai saat ini, belum ada yang mengetahui bagaimana fosfor bisa terdapat dalam komet. Masih menjadi perdebatan apakah komet yang menghantarkan fosfor pada Bumi ketika baru terbentuk.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X