Daftar Wilayah Wajib Waspada Potensi Kebakaran Hutan di Bulan Februari

Kompas.com - 01/02/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan Shutterstock.comIlustrasi kebakaran hutan dan lahan


KOMPAS.com - Memasuki bulan Februari yang telah disebutkan sebagai awal puncak musim hujan, tetapi ada beberapa wilayah yang justru berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan ( karhutla).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), Dwikorita Karnawati, mengatakan pada bulan Februari, beberapa wilayah diprakirakan akan mengalami curah hujan rendah.

BMKG dalam membuat prakiraan cuaca dan iklim ini diawali dengan melakukan analisis data, yakni pengamatan cuaca dan fenomena atmosfer yang ada, analisis Model Numerik Cuaca, serta data prakirawan.

Baca juga: Dalam Dua Hari, Ada 7 Karhutla di Penajam Paser Utara

"Data yang digunakan dalam pembuatan prakiraan cuaca dan iklim ini sangat beragam, mulai dari pengamatan, fenomena atmosfer hingga data model numerik cuaca," kata Dwikorita, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Jadi, input yang digunakan dalam pembuatan prakiraan cuaca tidak hanya data satelit dan model numerik (NWP). Berikut wilayah yang akan mengalami curah hujan rendah pada bulan Februari 2020 ini:

  • Aceh Timur
  • Sumatera Utara bagian Timur
  • Riau

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X