Kompas.com - 28/01/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi penuaan as3dIlustrasi penuaan

KOMPAS.com – Para ilmuwan kini mengerti, mengapa proses penuaan pada manusia bisa berbeda-beda.

Bahkan untuk setiap orang, proses penuaan pun berbeda pada tiap bagian tubuh. Ada orang yang penuaan ginjal atau hatinya lebih cepat dibanding jantung. Ada pula yang mengalami kondisi sebaliknya.

Pada kenyataannya, proses penuaan manusia bergantung pada bagian tubuh mana yang pertama kali mengalami kerusakan. Jika para dokter sudah bisa mengetahui hal ini, besar kemungkinan di masa depan mereka bisa memberikan diet khusus atau upaya preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ageotype

Para ilmuwan mengumpulkan 43 orang dengan berbagai macam penuaan. Mereka dikelompokkan dalam kategori yang disebut “ageotype”, berdasarkan sampel biologis yang dikumpulkan dalam waktu dua tahun.

Sampel biologis ini termasuk darah, substansi iflamasi, mikroba, genetik, dan protein dalam tubuh. Dengan mengecek bagaimana sampel tersebut berubah seiring waktu, para ilmuwan mengidentifikasi sekitar 600 tanda-tanda penuaan.

Kemudian, para ilmuwan memasukkan semuanya ke dalam empat kategori besar penuaan yaitu: imunitas, ginjal, hati, dan metabolik.