Ilmuwan Temukan Alasan di Balik Terangnya Supernova Superluminous

Kompas.com - 25/01/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi ini menunjukkan sepasang katai putih (white dwarf) saling mengitari satu sama lain dan perlahan-lahan menjadi semakin dekat. Pada akhirnya nanti pasangan ini akan bergabung menjadi satu bintang yang akan meledak menjadi supernova. Kredit: ESO/L. Calçada. langitselatan.comIlustrasi ini menunjukkan sepasang katai putih (white dwarf) saling mengitari satu sama lain dan perlahan-lahan menjadi semakin dekat. Pada akhirnya nanti pasangan ini akan bergabung menjadi satu bintang yang akan meledak menjadi supernova. Kredit: ESO/L. Calçada.


KOMPAS.com - Peristiwa menakjubkan sering kali terjadi di luar angkasa, salah satunya adalah ledakan bintang atau sering disebut supernova.

Supernova merupakan ledakan yang terjadi pada bintang mati, baik setelah bintang membakar semua bahan bakarnya atau mendapatkan gelombang bahan bakar baru secara tiba-tiba.

Namun, baru-baru ini para ilmuwan menemukan adanya ledakan bintang yang paling bercahaya dibanding lainnya, mereka menyebutnya ‘supernova superluminous’.

Lalu, apa penyebab supernova superluminous ini, sehingga dikatakan yang paling bercahaya?

Supernova superluminous menjadi ledakan yang mengungguli semua matahari lain di galaksi-galaksi bintang.

Baca juga: Ledakan Sapi di Dekat Bima Sakti Ini Lebih Terang dari Supernova

Ledakan yang dihasilkannya 100 kali lebih terang daripada supernova biasa, tetapi menyumbang kurang dari 0,1 persen dari semua supernova.

Untuk lebih mengetahuinya, para ilmuwan fokus pada SN 2006gy, salah satu supernova superluminous pertama yang diketahui. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Science pada 24 Januari.

SN 2006gy terjadi di galaksi 240 juta tahun cahaya dan merupakan supernova paling terang dan paling energetik yang pernah dicatat, ketika ditemukan pada tahun 2006.

Kurang lebih setahun setelah SN 2006gy ditemukan, para peneliti mendeteksi spektrum cahaya yang tidak biasa dari supernova.

Baca juga: Jelang Akhir Hidupnya, Teleskop Kepler Tangkap Supernova Langka

Akhirnya, kini mereka menyimpulkan cahaya paling terang tersebut berasal dari selubung besi di sekitar supernova. Temuan ini juga menjadi petunjuk penyebab dari ledakan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber SPACE.COM
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X