Ilmuwan Temukan Alasan di Balik Terangnya Supernova Superluminous

Kompas.com - 25/01/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi ini menunjukkan sepasang katai putih (white dwarf) saling mengitari satu sama lain dan perlahan-lahan menjadi semakin dekat. Pada akhirnya nanti pasangan ini akan bergabung menjadi satu bintang yang akan meledak menjadi supernova. Kredit: ESO/L. Calçada. langitselatan.comIlustrasi ini menunjukkan sepasang katai putih (white dwarf) saling mengitari satu sama lain dan perlahan-lahan menjadi semakin dekat. Pada akhirnya nanti pasangan ini akan bergabung menjadi satu bintang yang akan meledak menjadi supernova. Kredit: ESO/L. Calçada.

KOMPAS.com - Peristiwa menakjubkan sering kali terjadi di luar angkasa, salah satunya adalah ledakan bintang atau sering disebut supernova.

Supernova merupakan ledakan yang terjadi pada bintang mati, baik setelah bintang membakar semua bahan bakarnya atau mendapatkan gelombang bahan bakar baru secara tiba-tiba.

Namun, baru-baru ini para ilmuwan menemukan adanya ledakan bintang yang paling bercahaya dibanding lainnya, mereka menyebutnya ‘supernova superluminous’.

Lalu, apa penyebab supernova superluminous ini, sehingga dikatakan yang paling bercahaya?

Supernova superluminous menjadi ledakan yang mengungguli semua matahari lain di galaksi-galaksi bintang.