Waspada Hujan Lebat Sepekan ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 24/01/2020, 13:14 WIB
ilustrasi hujan lebat Wavebreakmedia Ltdilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Masyarakat diminta waspada terhadap dampak bencana alam karena hujan berintensitas lebat diprakirakan akan mengguyur wilayah Indonesia sepekan ke depan.

Disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), Drs R Mulyono R Prabowo MSc, bahwa imbauan tersebut berdasarkan analisis sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020.

Sirkulasi siklonik tersebut akan menyebabkan terbentuknya pola korvergensi atau pertemuan angin, serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

Baca juga: Hari Ini dan Besok, BMKG Imbau Warga Siaga Banjir di Wilayah Berikut

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam rilis resmi yang dikeluarkan BMKG.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat dan kemungkinan dapat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi di wilayah berikut:

Periode 24-26 Januari 2020

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kepulauan Bangka Belitung

- Lampung

- Banten

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X