Perubahan Iklim 'Bangkitkan' Virus Kuno yang Terperangkap dalam Es

Kompas.com - 23/01/2020, 19:33 WIB
Gletser di Gunung Everest yang mencair mengungkapkan hal-hal misterius yang ada dibawah permukaan es. science alertGletser di Gunung Everest yang mencair mengungkapkan hal-hal misterius yang ada dibawah permukaan es.

KOMPAS.com - Kenaikan suhu akibat perubahan iklim telah memengaruhi kondisi alam planet. Kondisi ini diklaim berpotensi membangkitkan virus kuno yang membeku di gletser tertua di Bumi.

Pada 2015, tim ilmuwan dari Amerika dan China melakukan perjalanan ke dataran tinggi Tibet barat untuk mengumpulkan sampel es dari gletser tertua di Bumi, seperti melansir Science Alert, Kamis (23/1/2020).

Dalam makalah yang diterbitkan para ilmuwan pada awal bulan ini, merinci hasil penemuan dan penelitian tersebut.

Baca juga: Gletser Himalaya Mencair, 800 Juta Orang di Asia Terancam

Para ilmuwan ini mengambil sampel es yang diambil dengan cara mengebor ke dalam gletser hingga kedalaman 50 meter untuk mendapatkan dua inti es.

Tim ilmuwan AS dan China menemukan 28 kelompok virus baru di es yang berusia 15.000 tahun. Mereka memperingatkan, perubahan iklim dapat membebaskan virus kuno itu ke dunia modern.

Sampel es yang diambil dari gletser tertua tersebut kemudian menjalani prosedur tiga tahapan dekontaminasi. Selanjutnya, para peneliti menggunakan teknik mikrobiologi untuk mengidentifikasi mikroba yang terdapat dalam sampel es.