Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Ungkap Mode Evolusi Baru pada Jamur Pembawa Meningitis

Kompas.com - 22/01/2020, 18:33 WIB
Amalia Zhahrina,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.COMEvolusi dan seleksi alam selalu terjadi pada tingkat DNA, di mana gen akan bermutasi dan sifat-sifat genetik akan menghilang atau bertahan seiring berjalannya waktu.

Tetapi, para ilmuwan kini berpikir, kemungkinan evolusi dapat terjadi tidak lagi melalui gen, melainkan melalui molekul yang menempel di permukaannya.

Dilansir dari LiveScience (21/1/2020), molekul-molekul tersebut dikenal sebagai kelompok metil. Fungsinya, mengubah struktur DNA dan menghidupkan atau mematikan sebuah gen.

Oleh karena itu, perubahan tersebut dikenal sebagai modifikasi epigenetik. Artinya, mereka akan selalu muncul di atas genom.

Baca juga: Jamur Mematikan Muncul di Australia, Meracuni Manusia Lewat Sentuhan

 

Manusia dan banyak organisme lainnya memiliki DNA yang dipenuhi kelompok-kelompok metil, kecuali lalat buah dan cacing gelang.

Evolusi baru pada jamur Kriptokokal Meningitis

Selain itu, jamur Cryptococcus neoformans juga merupakan organisme yang kehilangan gen kunci untuk metilasi dari masa Cretaceous, sekitar 50 hingga 150 juta tahun yang lalu.

Namun, dalam studi yang diterbitkan pada jurnal Cell megungkapkan bahwa jamur masih memiliki gugus metil pada genomnya.

Bahkan, para ilmuwan menganggap jamur C.neoformans dapat bertahan pada pengeditan epigenetik selama puluhan juta tahun. Ini semua berkat mode evolusi yang baru ditemukan.

Baca juga: Jamur: Fungsi dan Klasifikasinya

"Para peneliti di balik penelitian ini tidak berharap untuk mengungkap rahasia evolusi yang terpelihara dengan baik," ujar penulis senior Dr. Hiten Madhani, seorang profesor biokimia dan biofisika di University of California, San Francisco, dan peneliti utama di Chan Zuckerberg Biohub.

Kelompok ini biasanya mempelajari C. neoformans, untuk lebih memahami bagaimana jamur menyebabkan meningitis pada manusia.

Menurut pernyataan UCSF, jamur cenderung menginfeksi orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan menyebabkan sekitar 20 persen dari semua kematian terkait HIV/AIDS.

Berhari-hari, Madhani dan rekan-rekannya menggali kode genetik C. neoformans untuk mencari gen kritis yang membantu ragi menyerang sel manusia.

Namun, mereka terkejut saat laporan menunjukkan materi genetik datang dihiasi dengan kelompok metil.

"Ketika kami mengetahui (C. neoformans) memiliki metilasi DNA. Saya pikir, kita harus melihat ini, tidak tahu sama sekali apa yang akan kita temukan," kata Madhani.

Pada vertebrata dan tanaman, sel menambahkan gugus metil ke DNA dengan bantuan dua enzim. Enzim pertama disebut de novo methyltransferase. Enzim ini menempel pada kelompok metil ke gen yang tidak berhias.

Enzim paprika setiap setengah helai DNA berbentuk heliks dengan pola yang sama dari kelompok metil, menciptakan desain simetris. Selama pembelahan sel, heliks ganda membuka dan membangun dua untai DNA baru dari bagian yang cocok.

Baca juga: Ancaman Serius, Infeksi Jamur Super Menyebar ke Seluruh Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com