Ilmuwan Ungkap Mode Evolusi Baru pada Jamur Pembawa Meningitis

Kompas.com - 22/01/2020, 18:33 WIB
Amalia Zhahrina,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.COMEvolusi dan seleksi alam selalu terjadi pada tingkat DNA, di mana gen akan bermutasi dan sifat-sifat genetik akan menghilang atau bertahan seiring berjalannya waktu.

Tetapi, para ilmuwan kini berpikir, kemungkinan evolusi dapat terjadi tidak lagi melalui gen, melainkan melalui molekul yang menempel di permukaannya.

Dilansir dari LiveScience (21/1/2020), molekul-molekul tersebut dikenal sebagai kelompok metil. Fungsinya, mengubah struktur DNA dan menghidupkan atau mematikan sebuah gen.

Oleh karena itu, perubahan tersebut dikenal sebagai modifikasi epigenetik. Artinya, mereka akan selalu muncul di atas genom.

Baca juga: Jamur Mematikan Muncul di Australia, Meracuni Manusia Lewat Sentuhan

Manusia dan banyak organisme lainnya memiliki DNA yang dipenuhi kelompok-kelompok metil, kecuali lalat buah dan cacing gelang.

Evolusi baru pada jamur Kriptokokal Meningitis

Selain itu, jamur Cryptococcus neoformans juga merupakan organisme yang kehilangan gen kunci untuk metilasi dari masa Cretaceous, sekitar 50 hingga 150 juta tahun yang lalu.

Namun, dalam studi yang diterbitkan pada jurnal Cell megungkapkan bahwa jamur masih memiliki gugus metil pada genomnya.

Bahkan, para ilmuwan menganggap jamur C.neoformans dapat bertahan pada pengeditan epigenetik selama puluhan juta tahun. Ini semua berkat mode evolusi yang baru ditemukan.