Mau Terapi Stem Cell? Boleh Saja, Asal Ketahui Dulu dari Mana Asalnya

Kompas.com - 22/01/2020, 09:38 WIB
Ilustrasi sel punca ShutterstockIlustrasi sel punca

KOMPAS.com - Stem cell atau sel punca telah banyak dilaporkan sebagai salah satu alternatif terapi yang menjanjikan untuk berbagai macam penyakit. Walau begitu, kita tetap harus waspada dari mana asal sel yang akan masuk ke tubuh itu.

Hingga saat ini, perawatan stem cell atau terapi sel punca terus dikembangkan oleh banyak praktisi medis dengan harapan dapat membantu perbaikan kerusakan sel tubuh.

Dijelaskan oleh Pendiri Yayasan Hayandra Peduli, sekaligus Doktor Biomedik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Karina SpBP-RE, ada stem cell yang memang perlu dikhawatirkan.

Jenis stem cell yang perlu dikhawatirkan adalah transfer sel dari orang ataupun hewan lainnya, meskipun telah dinyatakan baik dalam riset.

Baca juga: Klinik Suntik Stem Cell Digerebek, Apa Itu Sel Punca?

Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan melakukan stem cell.

Hanya saja tempat atau laboratorium di mana stem cell itu dikembangkan, serta darimana asal sel yang akan Anda terima sebaiknya diketahui dengan baik.

Stem cell itu, kata dia, baik untuk perbaikan kerusakan sel tubuh yang mati, untuk penuaan, sistem imun, serta juga sebagai terapi pendukung agar terapi kanker bisa berlaku dengan efektif dan optimal di tubuh pasien.

"Tapi memang perlu agak cerewet ya, tanyain dulu ke dokternya stem cell nya sel apa dulu, hewan apa bagaimana," kata Karina dalam acara bertajuk Penemuan Terbaru Dunia Medis: Terapi Sel untuk Peremajaan Kulit dan Sistem Imun, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Hal itu dinyatakan oleh Karina, karena ia memiliki pasien yang melakukan stem cell di Jerman tetapi hasilnya juga tidak baik, karena stem cell itu berasal dari sel hewan.

 "Ada satu pasien saya, kemarin stem cell (hewan) di Jerman untuk anti-aging, tapi hasilnya pulang-pulang mukanya banyak flek hitam, dan terus bertambah," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X