Kompas.com - 19/01/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi gempa bodnarchukIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 6,1 mengguncang wilayah Kabupaten Jayapura dan Sarmi, Papua, pada Sabtu kemarin (18/1/2020) pukul 23.38.14 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada pada koordinat 2,77 LS dan 139,52 BT tepatnya di darat pada jarak 108 km arah Barat Kota Jayapura.

Berdasarkan lokasi episenternya ini, diduga kuat bahwa gempa kali ini dipicu oleh aktivitas Sesar Anjak Mamberamo. Lalu, karena episenternya berada di daratan, maka gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga Minggu pagi (19/1/2020) hasil monitoring BMKG sudah mencatat sebanyak 10 kali gempa susulan, dengan megnitudo paling kecil M 2,7 dan paling besar M 5,2.

Gempa ini juga memiliki satu gempa pembuka yang terjadi sebelum gempa utama dengan kekuatan M 4,3.

Baca juga: Kenapa Gempa dan Tsunami Mentawai 2010 Langka, Begini Penjelasan Ahli

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesar Anjak Mamberamo

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menuturkan bahwa wilayah Kabupaten Jayapura dan Sarmi secara tektonik memang merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks.

"Disebut seismik aktif karena kedua wilayah ini memiliki tingkat aktivitas kegempaan yang sangat tinggi. Disebut kompleks karena di wilayah ini memiliki banyak sebaran sumber gempa utama dengan berbagai segmentasi sesar dan splay (percabangannya)," tulisnya.

Dalam buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia tahun 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN), wilayah Kabupaten Sarmi dan Jayapura dilalui oleh struktur sesar aktif, yaitu Sesar Anjak Mamberamo, dengan magnitudo tertarget mencapai M 7,5.

Para pakar asing terkadang menyebut zona sumber gempa aktif ini sebagai Mamberamo Deformation Zone (MDZ) atau Mamberamo Thrust and Fold Belt (MTFB).

Oleh sebab itu, wajar saja jika wilayah Sarmi dan Jayapura menjadi kawasan yang sangat rawan gempa dan paling aktif aktivitas kegempaannya di Papua.

Baca juga: Ikan Loncat ke Permukaan di Pesisir Gorontalo, Pertanda Gempa dan Tsunami?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.