Banjir di Surabaya, BMKG Beberkan Hasil Analisis Cuaca Kemarin

Kompas.com - 16/01/2020, 17:31 WIB
Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam hari pada Rabu (15/1/2020). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANJalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam hari pada Rabu (15/1/2020).

KOMPAS.com - Sejumlah jalan protokol di kawasan barat Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir kemarin, Rabu (15/1/2020), setelah hujan deras disertai angin kencang mengguyur sejak sore hingga malam hari.

Terkait kejadian ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya, mengeluarkan hasil analisis cuaca di wilayah Surabaya tanggal 15 Januari 2019.

Berdasarkan data yang dikeluarkan tersebut, ada beberapa indikator analisa meteorologi yang diungkapkan.

1. Pola angin

Dari analisa pola angin tanggal 15 Januari 2020 pada pukul 19.00 WIB (12.00 UTC) terlihat adanya sirkulasi Eddy di Kalimantan.

Hal ini menyebabkan adanya pertemuan angin atau konvergensi di wilayah Jawa Timur, sehingga terjadi penumpukan massa udara yang berpotensi menjadi pertumbuhan awan penghujan yang cukup kuat.

Baca juga: Peringatan untuk Kita, Ahli Sebut Banjir dan Perubahan Iklim Berkaitan

2. Suhu muka laut

Suhu muka laut terutama di wilayah perairan Utara Jawa Timur dan di Selat Madura tercatat sebesar 29-31 derajat Celcius, dan anomali suhu muka laut terdeteksi 0.5 - 1.5 derajat Celcius.

Kondisi ini menunjukkan aktivitas penguapan yang cukup tinggi. Sehingga banyak suplai uap air ke atmosfer untuk mendukung terbentuknya awan-awan konvektif di sekitar wilayah Jawa Timur.

3. Analisa RAOB

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X