Terungkap, Ini Rahasia Pohon Ginkgo Berusia Lebih dari Ribuan Tahun

Kompas.com - 15/01/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi pohon kurma KOMPAS.COM/Anggita MuslimahIlustrasi pohon kurma

KOMPAS.COM-Seperti manusia, tumbuhan-tumbuhan yang tersebar di bumi ini akan mati seiring bertambahnya usia. Namun, hal itu tidak berlaku untuk pohon ginkgo.

Pohon ginkgo merupakan spesies pohon tertua yang memiliki umur panjang. Bentuknya juga tidak berubah walaupun berusia 200 juta tahun.

Satu ginkgo bisa hidup selama ratusan tahun, bahkan lebih dari ribuan tahun.

Pohon ini juga pernah selamat dari kepunahan dan bencana-bancana besar di dunia seperti bom atom di Hiroshima.

Lalu, apa rahasia dibalik umur panjang pohon ginkgo?

Seorang ahli biologi di University of North Texas, Richard Dixon dan rekan-rekannya telah menemukan jawabannya dengan membandingkan ginkgo yang sangat tua berusia 1.300 tahun dan muda berusia 15 tahun di China.

Mereka mengungkapkan rahasia umur panjang ginkgo berasal dari cincin dan gen pohon tersebut.

Dixon menjelaskan pada manusia, sistem kekebalan tubuh mulai tidak baik seiring bertambahnya usia. Namun, pohon ginkgo tetap memiliki sistem kekebalan yang baik meskipun dimakan usia.

“Sistem kekebalan pada pohon-pohon ini, meskipun mereka berusia 1.000 tahun, terlihat seperti yang dimiliki anak berusia 20 tahun” ujarnya seperti dilansir NewYorkTimes (13/01/2020).

Dengan memeriksa genetika kambium vaskuler, lapisan atau silinder sel hidup di belakang kulit kayu, mereka menemukan fakta ginkgo tumbuh lebar tanpa batas hingga usia tua.