Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Wilayah Berikut!

Kompas.com - 14/01/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi KOMPAS.com/ ROSYID ASZHARIlustrasi gelombang tinggi


KOMPAS.com - Potensi hujan lebat hingga gelombang tinggi di perairan di awal tahun 2020 ini, masih akan tampak terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan pantauan dan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebat di Indonesia masih berpotensi terjadi hingga Sabtu, 18 Januari 2020.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Drs R Mulyono R Prabowo, hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan Madden Julian Oscilation (MJO) masih berada di wilayah Indonesia.

Terutama masih berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Baca juga: Update BMKG: Siklon Tropis Claudia dan Dampak Cuaca di Indonesia

Di mana kondisi yang ditimbulkan dari adanya dinamika atmosfer tersebut akan mendukung peningkatan konsentrasi curah hujan.

Selain itu, terdapat fenomena gelombang tropis yakni Kelvin Wave dan Rossby Ekuatorial. 

Kedua fenomena gelombang tropis ini juga turut berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan pola siklonik dan pertemuan angin.

Oleh sebab itu, kata Mulyono, melalui rilis resmi BMKG, kondisi dan pengaruh di atmosfer yang ada tersebut, berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga: Angin Monsun Asia Picu Hujan Lebat di Sulawesi Selatan, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi hujan akan terjadi dalam periode 12-18 Januari.

Diperkirakan pada Sabtu mendatang, berpotensi terjadi curah hujan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X