Kebersihan Peralatan Menyusui dan Makanan, Bantu Tumbuh Kembang Bayi

Kompas.com - 13/01/2020, 19:18 WIB
Ilustrasi bayi belajar makan ShutterstockIlustrasi bayi belajar makan

KOMPAS.com - Memastikan kebersihan peralatan menyusui dan makan pada bayi sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Hal itu merupakan prioritas utama orangtua, dalam hal ini ibu, dalam upaya memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi, serta memastikan bayi tidak mengalami sakit.

Namun, tidak sedikit dari Anda sebagai ibu, tidak menyadari ada hal kecil yang berperan dalam menyumbang infeksi penyakit kepada bayi, yaitu kebersihan peralatan makan bayi.

Menurut dokter spesialis anak, dr Melanie Yudiana Iskandar, infeksi masih menjadi salah satu penyebab umum penyakit pada bayi yang menjadi pasiennya.

Baca juga: Pentingnya Sterilisasi Peralatan Bayi

Hal ini dapat muncul ketika ibu kurang memerhatikan kebersihan, seperti tidak mencuci tangan atau peralatan menyusui dan makanan bayi dengan baik dan benar.

Adapun, peralatan yang sangat perlu dijaga kebersihannya yaitu peralatan yang bersentuhan langsung dengan Air Susu Ibu (ASI) dan dimasukkan ke mulut bayi.

"Seperti pompa ASI, kantong ASI perah, dan peralatan makan bayi, harus bersih dan terbebas dari berbagai macam kuman dan bakteri," kata Melanie dalam rilis bertajuk Philips Dukung Orangtua untuk Memenuhi Nutrisi dan Proteksi Higienis Bayi yang diterima Senin (13/1/2020).

Meskipun demikian, terlalu obsesi dalam menjaga kebersihan juga tidak begitu baik bagi tumbuh kembang bayi.

Oleh sebab itu, tidak perlu semua permukaan dilap sampai mengkilap, kata Melanie, karena lingkungan yang terlalu steril juga bisa mempersulit perkembangan imunitas bayi Anda.

Baca juga: Pijatan Rutin Bisa Bantu Maksimalkan Tumbuh Kembang Bayi

"Sistem imun anak memang masih berkembang, namun memastikan kebersihan alat makan dan menyusuinya tetap harus dilakukan," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X