Penyakit Baru Muncul Tiap Tahun, Berpotensi Jadi Penyakit Kritis

Kompas.com - 13/01/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi penyakit autoimun tiroid. Ilustrasi penyakit autoimun tiroid.

KOMPAS.com - Semua jenis penyakit, baik menular ataupun tidak menular, berpotensi menjadi penyakit kritis.

Hal tersebut dikemukakan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Laurentius Aswin Pramono SpPD MEpid. Ia menyebutkan, para ahli memperkirakan lima penyakit baru pada manusia muncul setiap tahun. Tiga di antaranya bersumber dari binatang, serta bisa menyebabkan kondisi kritis pada pasien tersebut.

" Penyakit kritis dapat menyerang siapa saja dan sebaiknya masyarakat tidak terpaku hanya menghindari suatu penyakit tertentu," ujar Aswin dalam acara bertajuk "PRUTotal Critical Protection dan Syariah: Produk Inovatif untuk Perlindungan Kondisi Kritis tanpa Batasan Jumlah Penyakit", Jakarta, Senin (13/1/2020).

Secara global, Badan Kesehatan Dunia/ World Health Organization (WHO) mengkategorikan permasalahan kesehatan mencapai 68.000 jenis. Sebanyak 6.172 jenis merupakan penyakit langka.

Namun, semua jenis penyakit baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular dari keseluruhan kategori penyakit oleh WHO tersebut, berisiko menjadi penyakit kritis.

Baca juga: Banjir Jakarta, Waspada 7 Penyakit Ini Menyerang Manusia

Indonesia tak lepas dari bahaya kesehatan tersebut. Oleh karena itu, menurut Aswin, kita harus siaga terhadap kemunculan penyakit-penyakit baru yang bisa jadi belum ditemukan tatalaksana dan terapinya.

Berbagai permasalahan kesehatan itu dapat terus bertambah akibat banyak faktor. Seperti gaya hidup, jarang berolahraga, aktivitas yang kurang, hingga pengaruh globalisasi hingga perubahan iklim.

Antisipasi dan dampak penyakit kritis

Masyarakat perlu mengantisipasi ancaman penyakit kritis ini dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

"Sadari bahwa kesehatan itu mahal, tapi investasi untuk hidup sehat itu pilihan terbaik," ujarnya.

Penyakit kritis dapat berimplikasi pada aspek psikologis, sosial, hingga finansial yang dapat menggoyahkan stabilitas ekonomi dan masa depan keluarga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X