Gempa Hari Ini: Lindu Guncang Malang dan Nias Selatan Pagi Ini

Kompas.com - 05/01/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi gempa ShutterstockIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Minggu (5/1/2020) ada dua gempa besar yang terpantau BMKG pada pagi hari. Lokasi gempa berada di Malang, Jawa Timur dan Nias Selatan, Sumatera Utara.

Gempabumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,8 yang mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya, pada pukul 05.55 WIB, Minggu (5/1/2020), tidak berpotensi tsunami.

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agus Riyanto melalui akun instagram @infoBMKG.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.73 LS dan 112.50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km Barat Daya Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkat akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia.

Baca juga: Belajar dari Gempa 2019, Berikut 3 Strategi Mitigasi dari BMKG

Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di wilayah berikut:

Skala II MMI (Modified Mercalli Intensity) atau getaran yang dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, terpantau di daerah:

  • Sawahan, Nganjuk
  • Tempurasi, Lumajang
  • Ponorogo
  • Trenggalek

Skala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, terpantau di daerah:

  • Karangkates, Malang
  • Tulungagung
  • Blitar

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," kata Agus.

Hingga pukul 06.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak terdapat gempa susulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X