Kompas.com - 31/12/2019, 12:04 WIB
Ilustrasi ide PixabayIlustrasi ide

KOMPAS.com - Daya kreativitas tak hanya identik dengan kaum muda. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan usia lanjut (orangtua) juga bisa kreatif.

Sebuah studi terbaru dilakukan oleh para profesor ekonomi di Ohio State University dan University of Chicago. Mereka menyimpulkan da dua jenis puncak kreatif yang terjadi pada usia yang berbeda.

"Banyak orang pecaya bahwa kreativitas secara ekslusif terkait dengan pemuda, tetapi hal itu sebenarnya tergantung pada jenis kreativitas apa yang Anda bicarakan," kata pemimpin penulis studi dari Ohio State University, Bruce Weinberg, seperti yang dikutip dari Mother Nature Network, Selasa (31/12/2019).

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam De Economist, ada dua jenis inovator yaitu konseptual dan eksperimental.

Baca juga: Tren Milenial: Satu Jualan Jilbab Semua Jualan Jilbab, Kurang Inovasi

Weinberg dan rekan penelitinya David Galenson dari University of Chicago menyatakan bahwa mereka yang cenderung melakukan perkerjaan terbaik mereka di usia 20-an adalah inovator konseptual.

Sedangkan, mereka yang melakukan hal terbaiknya dalam pekerjaan atau produktivitas kegiatan pada usia 50-an adalah inovator eksperimental.

Perbedaan inovator konseptual dan eksperimental

Inovator yang lebih muda dan konseptual dipandang sebagai pemikir kreatif yang idenya menantang status quo. Gagasan yang mereka buat, secara praktik seni dan sains tertentu, dilakukan dengan praktis dan dirasakan menggeser paradigma.

Sementara inovator eksperimental biasanya dipandang sebagai yang lebih tua, yang membangun inovasi di atas fondasi para pemikir besar masa lalu, norma-norma mapan dan metode mereka sendiri.

Para inovator ekperimental ini mengubah ide dari waktu ke waktu berdasarkan pengalaman, menciptakan kembali diri mereka sendiri dan keahlian mereka sepanjang jalan hidupnya.

Hubungan di antara kedua model kreativitas ini adalah bagaimana cari inovator menemukan inspirasinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.