Dituding Pakistan, Benarkah Sampah Luar Angkasa Terbanyak dari India?

Kompas.com - 30/12/2019, 19:32 WIB
Ilustrasi sampah luar angkasa. Ilustrasi sampah luar angkasa.

KOMPAS.com - Seorang politikus senior Pakistan menuduh program luar angkasa India menjadi sumber utama sampah angkasa luar.

Menteri Sains dan Teknologi Fawad Chaudhry mendesak masyarakat internasional untuk menyelidiki misi luar angkasa India yang "tidak bertanggung jawab".

Sampah luar angkasa adalah ribuan keping bagian dari roket tua atau satelit yang telah hancur, yang kemudian mengotori luar angkasa, terutama di wilayah orbit Bumi.

Pernyataan Chaudhry diungkapkan setelah Badan Luar Angkasa AS ( NASA) menemukan kepingan pesawat luar angkasa India yang bertabrakan di Bulan pada September.

Baca juga: Satelit Mini Tunjukkan Cara Bersihkan Sampah Luar Angkasa

Tetapi apakah pernyataan tersebut berdasarkan data? Apakah India sekarang memang merupakan sumber utama sampah luar angkasa yang kemungkinan dapat menjadi berbahaya?

Seberapa banyak sampah luar angkasa?

Terdapat lebih dari 23.000 kepingan berukuran lebih dari 10 sentimeter di luar angkasa.

"US Space Surveillance Network alias Jaringan Pengawasan Luar Angkasa AS telah menemukan sebagian besar dari benda tersebut," kata Kantor Program Serpihan Orbit NASA/Orbital Debris Programme Office (ODPO).

Sebagian besar sampah melayang di jarak 1.250 mil atau 2011 km dari permukaan Bumi, bersama-sama dengan lebih dari 2.000 satelit buatan, di samping International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tabrakan kemungkinan terjadi dan banyak dari kepingan yang ada berasal dari tumbukan di luar angkasa.

Ketika China menguji misil salah satu satelit cuacanya di tahun 2007, sekitar 3.000 serpihan dihasilkan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X