China sampai UEA Rencanakan Misi ke Mars pada 2020

Kompas.com - 30/12/2019, 12:03 WIB
Ilustrasi Planet Mars Shutterstock.comIlustrasi Planet Mars

KOMPAS.com - Memasuki awal tahun 2020, akan ada beberapa misi baru ke Mars yang diluncurkan oleh berbagai negara. Seperti dilansir dari Gizmodo.com, berikut misi-misi penjelajahan baru yang akan diluncurkan ke Mars pada tahun 2020.

1. Badan Antariksa Eropa

Badan Antariksa Eropa akan mengorbitkan tiga penjelajah antara lain Roscosmos ExoMars dan  Rosalind Franklin.

Penjelajah tersebut akan diluncurkan pada akhir Juli dan awal Agustus untuk memanfaatkan  tiga minggu yang dikenal sebagai orbit transfer Hohmann, di mana Mars dan Bumi secara optimal disejajarkan dalam orbitnya masing-masing. Semua penjelajah diharapkan tiba di Mars pada 2021.

Lokasi untuk Mars Rover NASA berikutnya bahkan lebih menarik dari sebelumnya, yaitu pengamatan satelit dari kawah Jezero di Mars, sekaligus sebagai lokasi pendaratan yang dipilih untuk penjelajahan NASA tersebut.

Baca juga: Ilmuwan Selidiki Perilaku Oksigen yang Tidak Biasa di Mars

Mars Rover akan mendarat di kawah Jezero. Penjelajah tersebut akan menjelajahi bekas danau untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba kuno.

Probe akan mampu mengekstraksi sampel permukaan dan menyimpannya dalam cache untuk misi masa depan, diambil dan dikirim ke Bumi.

Penjelajah Mars 2020 dilengkapi dengan drone, yang disebut Mars Helicopter Scout, dengan tujuan nanti melihat pemandangan Planet Merah tersebut.

Tidak hanya itu, Rosalind Franklin juga akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno. Tetapi situs pendaratan belum dipilih untuk misi ini.

2. Administrasi Luar Angkasa China

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X