Studi Buktikan, Anjing Punya Kemampuan Berhitung

Kompas.com - 23/12/2019, 08:28 WIB
Ilustrasi anjing PexelsIlustrasi anjing

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa anjing ternyata lebih pintar dari yang kita perkirakan sebelumnya. Para ahli menyebut anjing memiliki kemampuan kognitif untuk memahami matematika dasar.

Kepekaan terhadap angka ini sebenarnya telah terlihat di seluruh dunia hewan, dari monyet, ikan, hingga lebah. Kemampuan yang disebut sebagai numerosity ini berfungsi untuk menghindari predator, mencari makan, dan banyak lagi.

Namun untuk melihat apakah anjing juga memiliki sistem yang sama, peneliti dari Emory University melakukan pemindaian otak pada 11 anjing yang tak terlatih dari berbagai ras.

Baca juga: Langka, Ahli Temukan Seekor Anak Anjing Utuh Berusia 18.000 Tahun

Anjing-anjing itu selanjutnya ditempatkan dalam MRI fungsional.

Peneliti kemudian menunjukkan berbagai titik pada anjing, dan mengamati aktivitas otak anjing saat melihat perubahan jumlah titik di layar.

"Kami mengamati otak anjing-anjing itu untuk mendapatkan pemahaman langsung tentang apa yang terjadi pada neuron-neuron ketika anjing melihat jumlah titik yang bervariasi," kata Lauren Aulet, peneliti yang terlibat dalam studi ini.

Hasilnya, anjing-anjing merespons secara khusus terhadap perbedaan kuantitas.

Hal ini terlihat dari bagian otak bernama korteks parietotemporal yang aktif saat anjing melihat adanya perubahan titik pada layar. Bagian otak tersebut merupakan bagian yang sama dari otak yang digunakan manusia untuk melakukan penghitungan dasar.

Ini bukan pertama kalinya para peneliti menguji apakah anjing memiliki kemampuan untuk menghitung.