Ahli Sebut Hipertensi Anak Jadi Masalah Kesehatan Kesehatan Global

Kompas.com - 22/12/2019, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Salah satu faktor risiko utama dari angka mortalitas (kematian) yang tinggi di dunia dari Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah hipertensi.

Hal ini disampaikan Prof Dr dr Partini Pudjiastuti SpA(K) MM(Paed) dalam acara pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Prevalensi hipertensi pada dewasa di berbagai negara telah banyak dilaporkan, namun data epidemiologik mengenai prevalensi dan beban absolut akibat hipertensi pada anak dan remaja masih jarang diperhitungkan.

Hipertensi pada anak

Dituturkan Pudji, hipertensi pada anak dan remaja merupakan masalah kesehatan global yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang meningkat.

Studi pada populasi anak dan remaja berusia 8-17 tahun menunjukkan peningkatan kejadian hipertensi sebesar 38 persen dibandingkan dengan data dua dekade sebelumnya, namun hal ini seringkali kurang mendapat perhatian yang memadai.

Orangtua pasien sering kali heran ketika mengetahui tekanan darah anaknya tinggi, sementara di sisi lain pemeriksaan tekanan darah pada anak belum menjadi pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

"Perhatian terhadap masalah hipertensi pada anak dan remaja harus lebih ditingkatkan," ujar Partini.

Setidaknya terdapat empat alasan penting yang mendasari pernyataan Pudji tersebut.

1. Telah terjadi peningkatan epidemiologi hipertensi dengan meningkatnya epidemi obesitas.

2. Anak dengan hipertensi mempunyai risiko empat kali lebih besar untuk menderita hipertensi pada masa dewasa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X