Selain Hepatitis A, Ini 3 Penyakit Harus Diwaspadai pada 2020

Kompas.com - 21/12/2019, 12:05 WIB
Ilustrasi difteri ShutterstockIlustrasi difteri

KOMPAS.com - Kota Depok baru saja menyatakan KLB (Kejadian Luar Biasa) terhadap maraknya kasus hepatitis A menjelang akhir tahun ini. Meski jumlahnya kini telah berkurang, hepatitis A masih tetap harus diwaspadai.

Namun, fokus masyarakat tidak boleh hanya tertuju pada hepatitis A saja. Menurut Dr. Nina Dwi Putri, Sp. A-K, MSc, Spesialis Dokter Anak, terdapat tiga penyakit yang sangat disoroti pada 2019 dan masih perlu diwaspadai hingga tahun-tahun berikutnya:

1. Difteri

Penyakit difteri merupakan infeksi yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae. Penyebarannya melalui udara, peralatan rumah tangga yang terkontaminasi, dan menyentuh luka orang yang terinfeksi difteri.

Nina mengungkapkan, penyakit yang menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) ini selalu menimbulkan kasus baru setiap bulan, khususnya pada tahun 2019 ini.

“Di media nasional menampilkan outbreak (difteri) terbaru di medan. Setiap bulan selalu ada kasus barunya” ujarnya saat ditemui dalam acara National Media Briefing on Hepatitis A yang diadakan di RS Universitas Indonesia bersama Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam (PAPDI) di Kota Depok (19/12/2019).

Baca juga: Fokus Tangani KLB, Bio Farma Tunda Ekspor Vaksin Difteri

2. Polio

Polio atau poliomyelitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem saraf pusat sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan pada otot sementara maupun permanen.

Nina menjelaskan, walaupun kini kasus polio hanya berada di Papua, namun kita harus tetap waspada karena terdapat negara di sekitar Indonesia yang mengalami KLB polio seperti Filipina dan Sabah.

“Sabah itu bordernya (perbatasannya) dengan Kalimantan. Jadi ketika melihat border-nya Sabah sama Kalimantan, kita harus cek statusnya dan cangkupan imunisasi di Kalimantan” ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X