Lukisan Dinding Berusia 44.000 Tahun Ditemukan di Gua Sulawesi Selatan

Kompas.com - 12/12/2019, 18:04 WIB
Lukisan purba berusia 44.000 tahun ditemukan di gua Sulawesi Selatan. Lukisan purba berusia 44.000 tahun ditemukan di gua Sulawesi Selatan.

KOMPAS.com - Gabungan arkeolog dari Indonesia dan Australia mengungkap lukisan dinding di gua Sulawesi Selatan. Karya seni itu diprediksi berusia 44.000 tahun.

Para ilmuwan meyakini, lukisan purba itu menggambarkan seekor anoa yang sedang diburu oleh sekelompok manusia dengan menggunakan tombak dan tali.

Lukisan ini ditemukan di situs Leang Bulu' Sipong 4, di mana merupakan satu dari ratusan gua yang ada di daerah Karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan.

Tim peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia bersama tim peneliti Universitas Griffith, Australia memaparkan dalam laporan yang terbit di jurnal Nature, lukisan ini merekam kisah perburuan tertua di dunia.