Golongan Darah Diyakini Ungkap Kepribadian Manusia, Begini Sejarahnya

Kompas.com - 11/12/2019, 09:05 WIB
ilustrasi golongan darah ilustrasi golongan darah

KOMPAS.com - Beberapa budaya di dunia meyakini bahwa golongan darah bisa mengungkap kepribadian seseorang.

Bahkan di Jepang, banyak perusahaan menerima karyawan berdasarkan golongan darah untuk mendapat Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Namun dari mana awal mula kepercayaan yang salah kaprah ini? Padahal seperti kita tahu, tak ada riset ilmiah yang dapat membuktikan hubungan keduanya.

Baca juga: Benarkah Golongan Darah Memengaruhi Kepribadian? Sains Jelaskan

Dilansir Big Think (25/3/2019), pada awal abad ke-20, pemikiran rasial dan eugenika - filosofi sosial untuk memperbaiki ras manusia dengan membuang orang berpenyakit serta memperbanyak individu sehat - sangat berkembang di seluruh dunia.

Sampai Jerman Nazi yang dipimpin Adolf Hitler sangat terbosesi untuk mencari ras murni.

Mereka tidak ingin bercampur dengan kelompok yang memiliki darah berbeda, karena diyakini sebagai ras berbeda dan membawa sifat yang bertolak belakang.

Pemikiran semacam ini menyebar luas, hingga pada 1920-an menyebar di Jepang.

Saat itu, seorang psikolog sosial asal Jepang, Takeji Furukawa, menjadi orang pertama yang mengemukakan teori kepribadian golongan darah.

Studi ini bisa disebut sangat kurang. Sebab, sampel yang digunakan terlalu kecil dan metode statistik tidak mumpuni untuk dijadikan kesimpulan.

Meski demikian, Furukawa sangat yakin dengan teorinya hingga dia bisa membuat teori tersebut berkembang di seluruh tanah Jepang.

Perusahaan memilih calon pegawai berdasar golongan darah hingga tentara-tentara Jepang dikelompokkan berdasarkan golongan darag.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Big Think
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X