Cara Mengusir Tawon Ndas yang Bersarang di Area Rumah

Kompas.com - 06/12/2019, 18:04 WIB
Caption : Sarang tawon Gung atau Tawon Ndas sebesar galon air ukuran 19 liter berhasil dievakuasi oleh regu pemadam kebakaran dari rumah warga di Perumahan Ungaran Baru, Leyangan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Sabtu (11/8/2018) malam. kompas.com/ syahrul munirCaption : Sarang tawon Gung atau Tawon Ndas sebesar galon air ukuran 19 liter berhasil dievakuasi oleh regu pemadam kebakaran dari rumah warga di Perumahan Ungaran Baru, Leyangan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Sabtu (11/8/2018) malam.

KOMPAS.COM - Dalam beberapa bulan ini, serangan tawon ndas kembali muncul di daerah-daerah di Indonesia termasuk Bekasi, Sukabumi, dan Medan. Tawon ndas bahkan membuat sarang di permukiman warga.

Tawon ndas atau Vespa affinis merupakan jenis tawon yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Peneliti tawon Pusat Penelitian Biologi LIPI, Hari Nugroho, menjelaskan hal ini disebabkan karena hilangnya habitat alami tawon yaitu hutan, yang kini beralih menjadi lahan manusia.

Selain itu, langkanya kemunculan burung elang sebagai predator tawon ndas menyebabkan ketidakseimbangan rantai makanan di alam.

Sampai saat ini, belum ada cara yang efektif untuk mencegah tawon membuat sarang di area rumah.