Kanker Paru ALK Positif yang Cepat Memburuk Kini Bisa Ditangani

Kompas.com - 29/11/2019, 12:07 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Salah satu jenis kanker paru dengan masa perburukan yang sangat cepat yaitu Anaplastic Lymphoma Kinase (ALK) positif.

ALK merupakan salah satu mutasi onkogenik yang terjadi pada pasien Kanker Paru Bukan Sel Kecil, atau Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC) .

Perburukan yang sangat cepat tersebut terjadi hanya sekitar tujuh bulan dengan pengobatan kemoterapi.

Baca juga: Mengenang Chrisye, Rokok, dan Kanker Paru yang Menghantuinya

Menurut Dokter Spesialis Pulmonologi, Dr Sita Andarini PhD SpP(K), kanker paru jenis ini bisa dibilang penyakit langka. Kasus ini terjadi sekitar 2-5 persen dari total populasi penderita kanker paru. 

"Sebagian besar ALK positif ini ditemukan pada pasien kanker paru stadium lanjut, bukan perokok. Berusia sekitar 45-50 tahun atau lebih muda dari populasi pasien kanker pada umumnya, serta mengalami penyebaran sel kanker atau metastasis ke otak," kata dr Sita dalam sebuah acara bertajuk " Kanker Paru ALK-Positif: Kenali, Periksa Tangani Bersama" di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Meski teknologi untuk deteksi dini masih belum ada, namun inovasi dan pengembangan dalam pengobatan kanker paru terus mengalami kemajuan. Salah satunya adalah pengobatan kanker paru anti ALK dengan Alectinib, yang telah berhasil meningkatkan hasil terapi pada pasien.

"Yakni dapat memberikan masa bebas perburukan hampir tiga tahun," ujar dr Sita.

Ilustrasi kanker paru-paruBen-Schonewille Ilustrasi kanker paru-paru

Alectinib merupakan salah satu obat generasi kedua dalam terapi target pengobatan kanker paru ALK positif.

"Karena generasi pertama sebelumnya, obat itu hanya menjangkau sel kanker di paru, tapi tidak bisa dipakai untuk sel kanker yang sudah menjalar ke otak," jelas dr Sita.

Kemajuan teknologi diagnosis ALK

Disampaikan Dokter Spesialis Patologi Anatomi di RS Kanker Dharmais, dr Evelina Suzanna SpPA, diagnosis terhadap kanker paru NSCLC ALK positif di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan berkat kerjasama antara pemangku kepentingan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X