Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Guncang Kepala jika Telinga Kemasukan Air, Otak Bisa Rusak

Kompas.com - 25/11/2019, 17:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Usai berenang atau mandi, banyak orang yang kerap memiringkan kepala kemudian mengguncangkannya. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan air dari lubang telinga.

Namun penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa hal tersebut berbahaya untuk otak. Apalagi jika hal itu dilakukan oleh anak kecil.

Sekelompok peneliti dari Cornell University, New York, menyebutkan bahwa mengeluarkan air secara paksa dari telinga bisa menyebabkan kerusakan pada otak.

“Penelitian kami berfokus pada percepatan yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air dari lubang telinga. Percepatan kritis yang kami peroleh dalam eksperimen pada tabung gelas dan saluran telinga yang dicetak tiga dimensi, menyatakan bahwa kekuatannya mencapai 10 kali kekuatan gravitasi untuk ukuran telinga bayi. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan otak,” tutur Anuj Baskota, salah satu peneliti utama kasus ini.

Baca juga: Seberapa Besar Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud?

Dilansir dari Science Alert, Senin (25/11/2019), para peneliti membuat replika saluran telinga dari bahan kaca. Replika tersebut dibuat berdasarkan CT-scan dari kepala manusia.

Replika saluran telinga tersebut kemudian diisi oleh cairan silan, sebagai pengganti cairan yang biasanya terdapat pada lubang telinga.

Kemudian para peneliti memasukkan sejumlah air pada replika tersebut, sebelum memiringkannya, untuk mengukur seberapa besar ukuran gravitasi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air tersebut.

“Penelitian membuktikan bahwa untuk mengeluarkan air dari telinga, tergantung pada banyaknya volume air yang masuk dan posisi air tersebut di dalam saluran telinga,” tutur Anuj.
Dalam hal ini, nak-anak lebih berisiko mengalami kerusakan otak. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya volume air yang harus keluar dari saluran telinga yang kecil.

Ilustrasi telinga anakShutterstock Ilustrasi telinga anak

Dengan kata lain, lebih mudah bagi orang dewasa untuk mengeluarkan air ini dibandingkan anak kecil.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa mengguncangkan kepala untuk mengeluarkan air dari saluran telinga tidak disarankan terutama pada anak kecil.

Beberapa opsi yang direkomendasikan antara lain memiringkan tubuh, atau membersihkan saluran telinga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com