Provinsi Lampung Sabet Rekor Muri Penerima NKV Terbanyak dalam Setahun

Kompas.com - 24/11/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi peternakan sapi Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.comIlustrasi peternakan sapi

KOMPAS.com - Provinsi Lampung baru mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemerintah provinsi yang menerima sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner ( NKV) budidaya unggas petelur terbanyak dalam setahun.

Sertifikasi NKV di Provinsi Lampung, dalam kurun waktu sembilan bulan, telah diberikan kepada 14 peternakan unggas petelur (ayam petelur) yang ada di daerah tersebut.

Pemberian piagam penghargaan MURI tersebut dilakukan bertepatan dengan memperingati Pekan Kesadaran Antibiotik Sedunia (PKAS) 2019 di Lampung, Jumat (22/11/2019).

NKV adalah sertifikat sah terpenuhinya persyaratan higienis sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 381/Kpts/OT.140/10/2005.

Baca juga: Bulu Unggas, Rambut, dan Sisik Ternyata Berasal dari Lapisan yang Sama

Dalam kesempatan yang sama dibahas juga mengenai mengenai resisten antimikroba (Antimicrobial Resistance/AMR) yang diyakini juga menjadi bagian kampanye penting dalam penerapan NKV di peternakan.

Pada sektor peternakan, AMR tidak hanya mengancam keberlangsungan kemampuan dalam mengendalikan penyakit infeksi pada ternak, akan tetapi juga mengancam keberlangsungan ketahanan pangan. Terutama keberlangsungan produktivitas sektor peternakan dalam menyediakan sumber pangan hewani bagi masyarakat.

Gubernur Lampung Arinal Djuanidi mengatakan Provinsi Lampung sangat berkomitmen menangani masalah ini. Salah satu upaya adalah pembinaan, pengawasan peredaran, dan penggunaan obat hewan pada ternak melalui sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) pada unit Usaha Peternakan.

"Sertifikat NKV ini adalah bukti komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan keamanan pangan untuk masyarakat. Sampai saat ini di Indonesia baru ada 45 unit usaha Budidaya peternakan yang sudah bersertifikat NKV dan 14 atau 30 persen diantaraya adalah Budidaya Unggas Petelur di provinsi," kata Arinal dalam acara Pekan Kesadaran Antibiotik Sedunia 2019 di Lapangan Gubernur Lampung, Jumat (22/11/2019).

Baca juga: Pengaruh Resisten Antimikroba Bagi Kesehatan Manusia dan Hewan

Penghargaan ini diberikan karena meski terdapat peraturan dari Kementan, hingga tahun 2015 kurang dari 50 NKV yang dikeluarkan pemerintah.

Tetapi di Lampung, meski hanya berkisar sembilan bulan atau kurang dari setahun sertifikasi NKV atas pengajuan dan keinginan para pelaku usaha peternakan khususnya peternakan ayam petelur mendapati 14 NKV.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X