Bulan Milik Saturnus Paling Mirip dengan Bumi, Mungkinkah Ada Kehidupan?

Kompas.com - 20/11/2019, 20:04 WIB
Peta lanskap permukaan Titan, satelit milik Saturnus. BGR.COMPeta lanskap permukaan Titan, satelit milik Saturnus.

KOMPAS.comSaturnus memiliki beberapa bulan yang mengorbit di sekeliling planet bercincin tersebut. Titan adalah salah satunya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Cassini, satelit buatan NASA, para peneliti berhasil membuat peta dari keseluruhan permukaan Titan. Peta tersebut kemudian dirilis di Nature Astronomy.

Dari peta tersebut, diketahui bahwa lanskap geografis Titan rupanya sangat menyerupai Bumi. Bulan milik Saturnus itu memiliki lanskap perbukitan, gurun pasir, sampai dataran lengkap dengan gugusan danau.

Baca juga: Misi Dragonfly NASA akan Cari Tahu Kehidupan di Bulan Saturnus, Titan

Namun, cuaca di Titan bisa dibilang merupakan “mimpi buruk” bagi semua mahluk hidup di Bumi.

Bulan tersebut tidak memiliki air tawar, namun menyimpan sejumlah jenis cairan. Di Bumi, hidrokarbon seperti metana bisa ditemukan pada zat gas. Di Titan, temperatur yang ekstrem mengubahnya menjadi cairan.

Gugusan danau yang ada di permukaan Titan dipenuhi oleh cairan metana. Di Titan pula, cairan tersebut mengalir dari langit sama seperti hujan di Bumi.

Ilustrasi ini menunjukkan helikopter-pendarat Dragonfly milik NASA mendekati sebuah situs di bulan Saturnus, Titan. Ilustrasi ini menunjukkan helikopter-pendarat Dragonfly milik NASA mendekati sebuah situs di bulan Saturnus, Titan.

Mungkinkah ada kehidupan?

Dengan lanskap yang dibilang paling mirip dengan Bumi, mungkinkah ada kehidupan di Titan? Para peneliti menilai, kemungkinan ini sangat rumit.

Hal itu karena banyak terdapat komponen organik di Titan, namun sangat jauh berbeda bahkan berbanding terbalik dengan komponen organik yang ditemukan di Bumi. Permukaan Titan dipenuhi oleh kerak yang membeku. Namun peneliti percaya air tawar mungkin mengalir di bawah permukaan Titan, alias di dalam bulan tersebut.

Jika memang ada, kombinasi air tawar dengan komponen organik di Titan bisa memulai proses biologis untuk kemudian menjadi tempat tinggal.

“Komponen organik sangat penting untuk kemungkinan adanya kehidupan di Titan,” tutur pemimpin penelitian sekaligus anggota Jet Propulsion Laboratory NASA, Rosaly Lopes, seperti dilansir dari BGR.com, Rabu (20/11/2019).