Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Rumus Baru untuk Hitung Usia Anjing Jadi Usia Manusia

Kompas.com - 20/11/2019, 07:53 WIB
Amalia Zhahrina,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Science

 

KOMPAS.com - Banyak orang mengonversi satu tahun anjing dengan tujuh tahun manusia. Namun, tampak perhitungan itu kini harus diubah. Para peneliti telah memiliki formula baru untuk mengubah umur anjing menjadi umur manusia.

Semua anjing -tidak peduli rasnya - mengikuti perkembangan yang serupa. Mereka mencapai pubertas sekitar usia 10 bulan dan mati sebelum usia 20 tahun.

Untuk meningkatkan penemuan faktor genetika yang berkaitan dengan penuaan, Tim Ideker, seperti yang dilansir dari Science (15/11/2019), fokus pada satu jenis tunggal, yaitu anjing Labrador Retrievers.

Mereka memindai pola metilasi DNA dalam genom 104 anjing, mulai dari usia 4 minggu hingga 16 tahun.

Untuk diketahui, metilasi atau penambahan metil pada DNA merupakan penanda molekuler paling menjanjikan untuk memprediksi penuaan dan usia harapan hidup saat ini. Metilasi DNA juga merupakan salah satu dari tiga mekanisme epigenetik.

Baca juga: Anjing Serang ART Hingga Tewas, Kenali Gejala hingga Pencegahan Rabies

Analisis mereka mengungkapkan bahwa anjing dan manusia memiliki metilasi terkait usia yang sama pada daerah genomik tertentu dengan tingkat mutasi yang tinggi.

Kemiripan-kemiripan itu sangat jelas ketika para ilmuwan mengamati anjing muda dengan manusia muda atau anjing tua dengan manusia tua.

Selain itu, mereka menemukan bahwa kelompok-kelompok gen tertentu yang terlibat dalam pengembangan mengalami metilasi yang sama selama penuaan pada kedua spesies.

"Kami sudah tahu bahwa anjing mendapatkan penyakit yang sama dan penurunan fungsi penuaan yang sama dengan manusia, dan karya ini memberikan bukti bahwa perubahan molekuler yang sama juga terjadi selama penuaan" kata Matt Kaeberlein, biogerontolog di University of Washington di Seattle.

Tim peneliti juga menggunakan laju perubahan metilasi pada anjing untuk mencocokkannya dengan jam epigenetik manusia, meskipun konversi usia anjing yang dihasilkan sedikit lebih kompleks daripada “dikalikan tujuh.”

Baca juga: Mirip Unicorn, Anak Anjing Ini Punya Ekor Unik di Dahi

Formula baru mengatakan, usia manusia anjing = 16 ln(umur anjing sebenarnya) + 31.

Dengan kata lain, usia anjing bila dikonversikan ke manusia adalah logaritma natural dari usia anjing sebenarnya, dikalikan 16, dan ditambah 31.

Dengan menggunakan formula itu, tahapan kehidupan anjing dan manusia menjadi lebih cocok. Misalnya, anak anjing berusia 7 minggu akan setara dengan bayi manusia berusia 9 bulan, di mana keduanya baru saja mulai tumbuh gigi.

Formula ini juga cocok dengan rentang hidup rata-rata para Labrador Retriever (12 tahun) dengan usia harapan hidup manusia di seluruh dunia (70 tahun).

"Mereka telah menunjukkan bahwa ada peningkatan bertahap dalam metilasi DNA pada kedua spesies dengan bertambahnya usia," kata Steve Austad, ahli biologi evolusi dan ahli penuaan di University of Alabama di Birmingham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Science
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com