Ilmuwan Temukan Rumus Baru untuk Hitung Usia Anjing Jadi Usia Manusia

Kompas.com - 20/11/2019, 07:53 WIB
Ilustrasi anjing dan pria Ilustrasi anjing dan pria

KOMPAS.com - Banyak orang mengonversi satu tahun anjing dengan tujuh tahun manusia. Namun, tampak perhitungan itu kini harus diubah. Para peneliti telah memiliki formula baru untuk mengubah umur anjing menjadi umur manusia.

Semua anjing -tidak peduli rasnya - mengikuti perkembangan yang serupa. Mereka mencapai pubertas sekitar usia 10 bulan dan mati sebelum usia 20 tahun.

Untuk meningkatkan penemuan faktor genetika yang berkaitan dengan penuaan, Tim Ideker, seperti yang dilansir dari Science (15/11/2019), fokus pada satu jenis tunggal, yaitu anjing Labrador Retrievers.

Mereka memindai pola metilasi DNA dalam genom 104 anjing, mulai dari usia 4 minggu hingga 16 tahun.

Untuk diketahui, metilasi atau penambahan metil pada DNA merupakan penanda molekuler paling menjanjikan untuk memprediksi penuaan dan usia harapan hidup saat ini. Metilasi DNA juga merupakan salah satu dari tiga mekanisme epigenetik.