Ilmuwan Temukan Rumus Baru untuk Hitung Usia Anjing Jadi Usia Manusia

Kompas.com - 20/11/2019, 07:53 WIB
Ilustrasi anjing dan pria Ilustrasi anjing dan pria

KOMPAS.com - Banyak orang mengonversi satu tahun anjing dengan tujuh tahun manusia. Namun, tampak perhitungan itu kini harus diubah. Para peneliti telah memiliki formula baru untuk mengubah umur anjing menjadi umur manusia.

Semua anjing -tidak peduli rasnya - mengikuti perkembangan yang serupa. Mereka mencapai pubertas sekitar usia 10 bulan dan mati sebelum usia 20 tahun.

Untuk meningkatkan penemuan faktor genetika yang berkaitan dengan penuaan, Tim Ideker, seperti yang dilansir dari Science (15/11/2019), fokus pada satu jenis tunggal, yaitu anjing Labrador Retrievers.

Mereka memindai pola metilasi DNA dalam genom 104 anjing, mulai dari usia 4 minggu hingga 16 tahun.

Untuk diketahui, metilasi atau penambahan metil pada DNA merupakan penanda molekuler paling menjanjikan untuk memprediksi penuaan dan usia harapan hidup saat ini. Metilasi DNA juga merupakan salah satu dari tiga mekanisme epigenetik.

Baca juga: Anjing Serang ART Hingga Tewas, Kenali Gejala hingga Pencegahan Rabies

Analisis mereka mengungkapkan bahwa anjing dan manusia memiliki metilasi terkait usia yang sama pada daerah genomik tertentu dengan tingkat mutasi yang tinggi.

Kemiripan-kemiripan itu sangat jelas ketika para ilmuwan mengamati anjing muda dengan manusia muda atau anjing tua dengan manusia tua.

Selain itu, mereka menemukan bahwa kelompok-kelompok gen tertentu yang terlibat dalam pengembangan mengalami metilasi yang sama selama penuaan pada kedua spesies.

"Kami sudah tahu bahwa anjing mendapatkan penyakit yang sama dan penurunan fungsi penuaan yang sama dengan manusia, dan karya ini memberikan bukti bahwa perubahan molekuler yang sama juga terjadi selama penuaan" kata Matt Kaeberlein, biogerontolog di University of Washington di Seattle.

Tim peneliti juga menggunakan laju perubahan metilasi pada anjing untuk mencocokkannya dengan jam epigenetik manusia, meskipun konversi usia anjing yang dihasilkan sedikit lebih kompleks daripada “dikalikan tujuh.”

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Science
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X