Ilmuwan Selidiki Perilaku Oksigen yang Tidak Biasa di Mars

Kompas.com - 19/11/2019, 08:05 WIB
Sosok planet Mars sebagaimana diteropong oleh NASA dengan teleskop antariksa Hubble pada 2003. NASASosok planet Mars sebagaimana diteropong oleh NASA dengan teleskop antariksa Hubble pada 2003.

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, oksigen berperilaku tidak biasa di atmosfer planet Mars. Penemuan ini terbilang unik karena biasanya metanalah yang selalu bermasalah di atmosfer Mars.

Dilansir dari Universe Today (14/11/2019), robot Curiosity NASA sedang sibuk memeriksa Mars apakah planet tersebut mendukung adanya kehidupan mikroba di masa lalu.

Fokus utamanya adalah bebatuan yang membentuk Planet Mars. Namun, Curiosity juga mengambil pengukuran atmosfer menggunakan instrumen Sample Analysis at Mars (SAM).

SAM dapat mengukur dan menganalisis organik maupun gas di atmosfer Mars. SAM juga dapat menentukan apakah gas memiliki asal biologis atau asal geokimia.

Selama tiga tahun menjadi penghuni Mars, Curiosity telah menggunakan SAM untuk mengukur atmosfer di Kawah Gale Crater dan melacak perubahan.