5 Fakta tentang Tulang, Ada yang Tak Terhubung sampai Terus Berubah

Kompas.com - 17/11/2019, 17:04 WIB
Ilustrasi tulang rapuh. Dok ProdiaIlustrasi tulang rapuh.

KOMPAS.com - Fakta bahwa tulang memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri merupakan hal yang menakjubkan.

Tulang memang merupakan bagian tubuh yang penting. Selain merupakan tempat melekatnya otot dan jaringan-lainnya, tulang juga berfungsi sebagai pelindung organ-organ manusia.

Berikut lima fakta menarik tentang tulang, seperti dikutip dari Science Alert.

1. Manusia tidak memiliki 206 tulang

Kebanyakan buku menyatakan bahwa manusia memiliki 206 tulang. Tetapi bayi yang dilahirkan memiliki 300 tulang yang terbuat dari tulang rawan, dan kemudian termineralisasi selama beberapa tahun pertama mereka hidup dan menjadi satu.

Beberapa orang juga dilahirkan dengan tulang ekstra, seperti sepasang tulang rusuk ke-13.

2. Tulang terus berubah

Perubahan tinggi badan anak merupakan proses yang paling cepat. Mereka mencapai tinggi dewasa saat pertengahan hingga akhir masa remaja. Tetapi, bahkan setelah tulang Anda berhenti pun, tinggi masih bisa berubah.

Menariknya, selama sehari, tulang rawan terutama tulang belakang Anda dikompresi oleh gravitasi. Artinya, Anda akan lebih pendek saat tidur.

Kurangnya gravitasi di ruang angkasa memiliki efek sebaliknya, seperti pada astronot yang 3 persen lebih tinggi ketika bertugas di luar angkasa.

Untungnya setelah Anda bangun, tulang rawan dapat kembali ke ukuran aslinya.

3. Tulang yang tidak terhubung

Hyoid adalah satu-satunya tulang yang tidak terhubung dalam kerangka manusia. Tulang ini berbentuk seperti tapal kuda dan terletak di sekitar leher antara dagu dan kartilage thyroid.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X