Cantiknya Eulophia Lagaligo, Spesies Anggrek Baru dari Sulawesi

Kompas.com - 05/11/2019, 07:04 WIB
Anggrek Eulophia Lagaligo. Dok.LIPI Lembaga Ilmu Pengetahuan IndonesiaAnggrek Eulophia Lagaligo. Dok.LIPI

KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) baru-baru ini berhasil menemukan spesies anggrek baru dari Sulawesi yang diberi nama Eulophia lagaligo.

Bersama dengan spesies anggrek Dendrobium nagataksaka yang ditemukan di Papua, anggrek Eulophia lagaligo ini juga telah diidentifikasi dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah internasional Phytotaxa pada bulan September 2019.

Perjalanan panjang penelitian Eulophia

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Destario Metusala, mengatakan bahwa spesies anggrek Eulophia lagaligo sebenarnya sudah pernah ditemukan sebelumnya oleh taksonom C.L. Blume pada tahun 1859 berdasarkan spesimen dari pulau Timor dengan nama Eulophia bicolor.

Akan tetapi, belakangan diketahui bahwa nama spesies tersebut menjadi tidak diterima karena telah digunakan sebelumnya oleh taksonom N. A Danzell pada tahun 1851 untuk spesies yang berbeda.