Mirip Kepala Naga, Inilah Spesies Anggrek Terbaru dari Tanah Papua

Kompas.com - 04/11/2019, 20:04 WIB
Anggrek Dendrobium Nagataksaka endemik Papua. Dok.LIPI Lembaga Ilmu Pengetahuan IndonesiaAnggrek Dendrobium Nagataksaka endemik Papua. Dok.LIPI

KOMPAS.com - Kekayaan alam di wilayah Timur Indonesia seakan tak ada habisnya. Hingga kini pun, masih banyak spesies yang baru terjamah dan diketahui.

Terbaru, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) ini berhasil menemukan spesies anggrek baru dari tanah Papua. Spesies itu bernama Dendrobium nagataksaka.

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Destario Metusala, mengatakan bahwa spesies baru anggrek ini telah diidentifikasi dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah internasional Phytotaxa pada bulan September 2019.

Anggrek Dendrobium nagataksaka merupakan anggrek epifit yang tumbuh menempel di permukaan batang pepohonan.

“Distribusi alami dari spesies baru ini diketahui berasal dari kawasan hutan dataran rendah di provinsi Papua Barat,” kata Destario, Senin (4/10/2019).