Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Sains, Berapa Lama Kita Bisa Menghilangkan Sebuah Kebiasaan?

Kompas.com - 04/11/2019, 07:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis


KOMPAS.com – Kita semua punya rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Sikat gigi, minum kopi di pagi hari, atau kebiasaan buruk seperti merokok.

Namun tak sedikit orang yang ingin mengubah kebiasaan lama, terutama yang bersifat buruk seperti merokok. Banyak orang berasumsi, butuh waktu 21 hari untuk bisa mengubah sebuah kebiasaan.

Angka tersebut diambil dari buku keluaran tahun 1960 berjudul “Psycho-Cybernetics” yang ditulis oleh Maxwell Maltz. Dalam buku tersebut, Maxwell bercerita bahwa pasien operasi plastiknya butuh waktu 21 hari untuk membiasakan diri terhadap wajah baru mereka.

Namun, berdasarkan penelitian tahun 2009, kita rupanya butuh waktu lebih dari itu untuk mengubah kebiasaan.

Baca juga: Faktor Utama Pemicu Kanker, dari Gaya Hidup sampai Kebiasaan

Para peneliti dari University College London, Inggris, mengumpulkan data dari 96 orang dalam waktu 12 minggu. Dari penelitian itu mereka menemukan bahwa butuh waktu 66 hari untuk menghilangkan kebiasaan lama.

Meski begitu, rentang waktunya bisa berbeda untuk tiap orang. Mulai dari 18 hingga 254 hari.

Mengutip Science Alert, Senin (4/11/2019), penelitian tersebut membuktikan bahwa jika Anda ingin mengubah sebuah kebiasaan, butuh waktu setidaknya dua bulan.

Jangan menyerah pada minggu ketiga, atau keempat.

Ilustrasi minuman beralkohol.Thinkstockphotos Ilustrasi minuman beralkohol.

Membuat sebuah kebiasaan erat kaitannya dengan menghilangkan kebiasaan tersebut. Psikolog Timothy Pycyl menjelaskan bahwa dua hal ini bagaikan dua sisi mata uang.

“Menghilangkan kebiasaan lama berarti membuat sebuah kebiasaan baru. Kebiasaan lama masih ada di dalam otak, namun jumlahnya tidak dominan,” tutur Timothy.

Ia mengatakan bahwa jauh lebih mudah untuk membuat sebuah kebiasaan baru, dibanding menghilangkan kebiasaan lama.

Para peneliti ini sepakat bahwa tidak ada waktu pasti untuk menghilangkan sebuah kebiasaan. Resep yang paling efektif adalah gabungan dari kepribadian, motivasi, keinginan, dan eksistensi kebiasaan itu sendiri.

“Mereka yang menghilangkan kebiasaan lama karena dirinya sendiri, lebih mudah berubah dibanding mereka yang menghilangkan kebiasaan karena dorongan dari orang lain,” tutur ahli saraf Elliot Berkman.

Baca juga: Menahan Bersin hingga Berbisik, 7 Kebiasaan Berbahaya bagi Tubuh

Meski begitu, profesor psikologi Susan Krauss Whitebourne mengatakan bahwa kebiasaan bisa juga hilang secara drastis dan dalam waktu singkat.

“Pada kasus yang ekstrem, kebiasaan bisa hilang secara instan. Misal seperti hampir tertabrak bus saat berjalan kaki sambil menatap layar ponsel,” jelasnya.

Susan menekankan, jika ingin menghilangkan sebuah kebiasaan, Anda harus memikirkan motivasi yang paling kuat.

“Kabar baiknya, banyak orang yang bisa melakukan hal ini karena mereka punya motivasi untuk berubah,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com