Mitos atau Fakta, Menjemur Bayi Setiap Pagi Sembuhkan Sakit Kuning

Kompas.com - 28/10/2019, 13:03 WIB
Ilustrasi penyakit kuning pada bayi baru lahir Ilustrasi penyakit kuning pada bayi baru lahir

KOMPAS.com - Bayi Kartika Putri yang berusia 10 hari, Syarifah Khalisa Aghnia Bahira, dikabarkan harus mendapat perawatan di rumah sakit karena penyakit kuning.

"Khalisa sakit kuning, diperiksa (bilirubinnya) 17. Jadi harus di inkubator selama 48 jam. Doain saja ya biar sehat walafiat," ungkap Habib Usman bin Yahya, suami Kartika Putri melalui pesan WhatsApp, Minggu (27/10/2019).

Buah hati Kartika dan Usman lahir pada Jumat (28/10/2019) pukul 4.29 WIB.

Bisakah penyakit kuning sembuh dengan dijemur setiap pagi?

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyakit kuning atau disebut newborn jaundice cukup sering terjadi pada bayi baru lahir yang usianya belum mencapai dua minggu.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kuning yang Dialami Bayi Kartika Putri dan Pemicunya

Penyakit kuning merupakan kondisi yang menyebabkan mata dan kulit bayi menguning.

Dilansir Health Line, penyakit kuning muncul karena bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi.

Bilirubin merupakan pigmen berwarna kuning yang terkandung di dalam darah dan tinja. Bilirubin diproduksi tubuh ketika sel darah merah hancur secara alami.

Pada bayi yang sudah berumur beberapa bulan hingga orang dewasa, bilirubin akan bergerak melewati hati hingga akhirnya dikeluarkan tubuh.

Namun pada bayi baru lahir, hati mereka belum berkembang sempurna sehingga belum cukup matang mengeluarkan bilirubin dari tubuh.

Seiring dengan kondisi ini, banyak masyarakat percaya bahwa dengan menjemur bayi dapat mencegah penyakit kuning, selain manfaat mendapat asupan vitamin D untuk si kecil.

Sebetulnya mitos tersebut tak sepenuhnya salah. Karena memang ada beberapa kasus sakit kuning yang perlahan sembuh karena terkena sinar maahari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ,Health Line
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X