Raih Medali Emas di IEYI 2019, Seperti Apa Gantungan Tas Karya Siswa Surabaya?

Kompas.com - 27/10/2019, 18:05 WIB
ganTAS 4.0 DOK. BIRO KERJA SAMA, HUKUM dan HUMAS LIPIganTAS 4.0

 

KOMPAS.com - Ajang International Exhibition for Young Inventor (IEYI) 2019 telah digelar di Serpong, Tangerang, pada 23-26 Oktober 2019.

Ajang internasional ini diikuti oleh 11 negara termasuk Indonesia. Pada tahun digelarnya IEYI ke-15 ini, tiga kelompok siswa asal Indonesia berhasil menyabet medali emas.

Salah satunya adalah Firman Fathoni, pelajar dari SMA Negeri 5 Surabaya. Ia membuat inovasi yang diberi nama ganTAS 4.0 (gantungan tas modern).

Kepada Kompas.com Firman menjelaskan ganTAS 4.0 merupakan gantungan kunci modern yang berfungsi untuk mengatur tas ataupun koper yang dibawa dalam suatu kelompok perjalanan.

"ganTAS ini merupakan gantungan kunci modern yang berfungsi untuk membantu memanajemen para traveler yang membawa koper atau barang bawaan yang banyak," kata Firman, Sabtu (26/10/2019).

Baca juga: Bidik 2 Kategori Penghargaan IEYI, LIPI Ungkap Kekuatan Anak Indonesia

Hal ini dianggap penting oleh Firman karena banyaknya tas menjadi permasalahan umum dalam sekelompok perjalanan.

"Jadi permasalahan dasar yang biasanya dialami oleh traveler kan ketika mereka bawa barang banyak, mereka harus selalu memastikan kalo jumlah koper sudah lengkap semua. Atau mungkin dapat tertukar dengan orang lain, dan itu membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menyelesaikannya. ganTAS ini bisa membantu memanajemen barang-barang kita," tuturnya.

Firman Fathoni dari SMAN 5 Surabaya mendapatkan medali emas untuk invensi ganTAS 4.0. Alat ini menggunakan mekanisme teknologi bluetooth yang dikoneksikan dengan ponsel pintar. DOK. BIRO KERJA SAMA, HUKUM dan HUMAS LIPI Firman Fathoni dari SMAN 5 Surabaya mendapatkan medali emas untuk invensi ganTAS 4.0. Alat ini menggunakan mekanisme teknologi bluetooth yang dikoneksikan dengan ponsel pintar.

Bagaimana kinerja ganTAS 4.0?

Alat bernama ganTAS 4.0 ini telah dilengkapi dengan bluetooth dan baterai di dalamnya. ganTAS 4.0 terhubung dengan sebuah aplikasi di smartphone.

"Jadi cara kerjanya kita harus mendaftarkan dengan men-scan setiap gantungan yang nanti akan digantungkan ke setiap koper sesuai dengan nama pemilik misal koper a,b,c dan sebagainya," ujarnya.

Lalu, setelah gantungan pada tas atau koper yang didaftarkan, secara sistematis akan masuk dalam aplikasi smartphone.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X