Berusia Setengah Abad, Kukang Asal Jerman dapat Predikat Hewan Tertua

Kompas.com - 22/10/2019, 10:21 WIB
Kukang bernama Paula ini dinyatakan sebagai hewan tertua di dunia oleh Guinness Book of Records. Paula saat ini berusia 50 tahun dan hobinya tidur. Kukang bernama Paula ini dinyatakan sebagai hewan tertua di dunia oleh Guinness Book of Records. Paula saat ini berusia 50 tahun dan hobinya tidur.

KOMPAS.com - Memeringatai World Sloth Day yang jatuh pada 20 Oktober, hewan malas asal kebun binatang Jerman, Paula, dianugerahi predikat sebagai kukang berjari dua tertua di dunia.

Berusia 50 tahun, Paula diketahui merupakan kukang tertua yang masih hidup. Terkenal dengan kebiasaan tidur hingga 20 jam per hari, Paula bahkan tertidur saat menerima penghargaan dari Guinness Book of Records.

Gelar Paula sebagai kukang tertua telah dikonfirmasi oleh Jutta Heuer, seorang pengawas kebun binatang sekaligus otoritas hewan kukang di Eropa.

Baca juga: Lahir Sebelum Perang Dunia I, Inilah Ikan Air Tawar Tertua di Dunia

Sebelumnya, kukang berjari dua ini tiba di Bergzoo, Halle pada 1971 dan merayakan 50 tahun usianya pada Juni lalu.

Paula diperkirakan berusia dua tahun saat tiba dari Amerika Selatan, melalui Inggris.

Berdasarkan data dari Guinness Book of Records, selama lebih dari 20 tahun petugas kebun binatang mengira Paula merupakan kukang jantan.

Mereka kemudian menemukan bahwa satwa liar yang termasuk ordo primata ini adalah hewan betina pada tahun 1995.

"Tidak ada spesimen atau kelompok satwa di kebun binatang dan alam liar yang tercatat selama bertahun-tahun", ucap Heuer.

Baca juga: Berusia 210.000 Tahun, Homo sapiens Tertua Ditemukan di Luar Afrika

Heuer menjelaskan, secara keseluruhan ada 65 kukang di kebun binatang Jerman dan 266 ekor lainnya di seluruh Eropa pada akhir 2018.

Di alam liar, usia kukang berjari dua pada umumnya 20 tahun sementara di penangkaran biasanya meningkat hingga 30 - 40 tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X