Kompas.com - 22/10/2019, 09:22 WIB

KOMPAS.com- Nadiem Makarim disebut oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko sebagai contoh sosok yang lahir berkat adanya ekosistem iptek.

Handoko meyakini, orang-orang yang lahir dari ekosistem iptek dapat mewujudkan pembangunan sumber daya manusia unggul yang menjadi satu dari lima sasaran pemerintahan Presiden Joko WIdodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024 mendatang.

"Konsep sumber daya manusia unggul adalah sosok pion yang memberi dampak ekonomi yang besar. Hal itu tidak mungkin tercapai tanpa adanya ekosistem iptek yang kondusif," kata Handoko di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Ekosistem iptek yang dimaksudkan oleh Handoko adalah platform yang membuat orang berkumpul secara alami, bukan karena otoritas tapi dari fungsi dan layanan yang diberikan.

Baca juga: Jokowi: Dengan Kemajuan IPTEK, Semua Hal Menjadi Sangat Mungkin

"Platform ini harus terbuka bagi semua pihak, menciptakan interaksi yang alami, dan memungkinkan siapa saja bisa menjadi inovator," tuturnya.

LIPI juga saat ini tengah mengupayakan penciptaan platform tersebut, dengan melakukan berbagai hal diantaranya melalui investasi besar-besaran pada infrastruktur riset, membuka fasilitas agar publik bisa berkolaborasi dalam kegiatan penelitian, perekrutan diaspora, program master dan doktoral by reseacrh, serta debirokratisasi.

"Lembaga riset idealnya harus berfungsi sebagai hub untuk memfasilitasi mitra juga merangsang munculnya technopreneur dan innopreneur yang terlibat dalam proses penelitian," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam upaya mencapai tujuan tersebut, LIPI membuka peluang industri dan swasta untuk menggunakan fasilitas LIPI baik berupa peralatan, laboratorium, maupun sumber daya manusia iptek.

“Kami juga memfasilitasi akademisi untuk berkolaborasi lewat fasilitasi perusahaan rintisan dan magang penelitian untuk mahasiswa,” kata dia.

Fakta SDM Indonesia

Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengungkapkan, salah satu persoalan pokok sumber daya manusia iptek Indonesia adalah hanya 14,08 persen yang berkualifikasi S3.