Serba-serbi Pusing, Mulai dari Penyebab, Gejala hingga Penanganan

Kompas.com - 19/10/2019, 14:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Semua orang pasti pernah mengalami pusing. Namun, tidak banyak yang mau mencari tahu akar penyebabnya, dan lebih memilih untuk langsung meminum obat.

Dilansir dari Healthline, 12 April 2016; pusing memang bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari berbagai gangguan. Rasa pusing yang terjadi dapat mempengaruhi organ sensorik, khususnya mata dan telinga, sehingga dapat menyebabkan pingsan.

Pusing memang sesuatu yang umum terjadi dan penyebab utamanya biasanya tidak serius. Namun, ketika pusing terjadi berulang-ulang atau untuk jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Kepala Pusing Saat Lapar?

Penyebab

Penyebab umum terjadinya pusing adalah migrain, obat-obatan dan alkoohol. Pusing juga bisa terjadi karena adanya masalah pada telinga bagian dalam, tempat di mana keseimbangan diatur.

Pusing juga sering disebabkan oleh vertigo, dan penyebab paling umum dari vertigo dan pusing akibat vertigo adalah benign positional vertigo (BPV). Pada pasien dengan BPV, pusing biasanya terjadi pada jangka pendek ketika Anda mengubah posisi dengan cepat, seperti duduk setelah berbaring.

Selain BPV, pusing dan vertigo juga bisa dipicu oleh penyakit meniere, di mana cairan menumpuk di telinga. Ada juga neuroma akustik, yang merupakan tumor non-kanker yang terbentuk di saraf yang menghubungkan telinga bagian dalam ke otak.

Kemungkinan lain penyebab pusing adalah:
- Penurunan tekanan darah secara tiba-tiba
- Penyakit otot jantung
- Penurunan volume darah
- Gangguan kecemasan
- Anemia
- Hipoglekima (gula darah rendah)
- Infeksi telinga
- Dehidrasi
- Heat stroke (sengatan panas)
- Latihan berlebih
- Mabuk

Baca juga: Pusing Setelah Makan Daging? Awas, Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya

Gejala

Beberapa sensasi yang dirasakan ketika mengalami pusing adalah:
- Rasa tidak mengenakan saat pusing atau merasa pingsan
- Hilangnya kestabilan tubuh
- Perasaan mengambang
- Terkadang gejala pusing juga disertai mual, muntah atau pingsan. Jika gejala-gejala ini dirasakan, segeralah minta bantuan medis.

Penanganan

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan jika Anda mengalami rasa pusing yang berulang:

- Duduk atau berbaring sampai rasa pusing hilang. Hal ini dapat mencegah kemungkinan Anda untuk jatuh karena hilangnya keseimbangan tubuh

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Healthline
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X