Kasus Irish Bella, Kenapa Kehamilan Kembar Tinggi Risiko Komplikasi?

Kompas.com - 08/10/2019, 17:32 WIB
Ilustrasi hamil anak kembar ShutterstockIlustrasi hamil anak kembar

KOMPAS.com - Janin kembar pasangan artis peran Ammar Zoni dan Irish Bella meninggal di usia kandungan 26 minggu.

Diberitakan Kompas.com, Senin (7/10/2019), paramedis yang menangani Irish Bella, dokter Gatot Abdurrazak, Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal, janin kembar Irish meninggal di dlaam kandungan.

"Itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas," ujar Gatot dijumpai wartawan Kompas.com di Rumah Sakit Harapan Kita, Grogol, Jakarta Barat.

Gatot mengatakan, salah satu janin Irish mengalami kondisi Twin to Twin Transfusin Syndrome (TTTS).

Baca juga: Kasus Irish Bella, Twin to Twin Transfusion Syndrome Kerap Dialami Janin Kembar

TTTS ini kemudian mengakibatkan komplikasi pada Irish, salah satunya menyebabkan Mirror Syndrome. Mirror syndrome merupakan keadaan saat janin mengalami hydrops (bengkak seluruh tubuh) yang membuat ibu hamil dalam kondisi yang sama. Hal

Kasus komplikasi pada ibu hamil kembar memang kerap terjadi dibanding kehamilan normal.

Namun, kenapa hal itu terjadi?

Komplikasi kehamilan kembar

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Budi Wiweko, komplikasi pada kehamilan kembar sangat mungkin dialami oleh sang ibu ataupun bayinya.

Risiko komplikasi pada janin muncul karena janin kembar harus berbagi asupan makanan dan kebutuhan lain agar bisa berkembang sempurna selama proses kehamilan.

"Kalau terhadap bayi, karena bayinya dua, pertumbuhan bayi bisa kecil, bisa juga bayi lahir prematur, atau mengalami kelainan letak seperti melintang dan sebagainya sehingga harus lahir dengan jalur operasi," ungkap Budi Wiweko kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (8/10/2019).

Sementara untuk ibu hamil kembar, Budi menjelaskan kondisi ini memicu hipertensi yang juga dapat menyebabkan berbagai gangguan pada perkembangan janin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X