Membandingkan Ganja dan Sabu yang Menjerat Para Artis

Kompas.com - 07/10/2019, 13:19 WIB
Ilustrasi ganja. ThinkstockphotosIlustrasi ganja.

KOMPAS.com – Daftar artis yang terjerat narkoba tampaknya semakin panjang.

Terbaru, Daffa Dangdut Academy ditangkap karena menggunakan sabu. Menantu Elvy Sukaesih juga terbukti positif menggunakan ganja dan sabu, tak lama usai artis Rifat Umar ditangkap polisi karena mengonsumsi kedua jenis narkoba tersebut. Kasus yang tak kalah mengejutkan adalah penangkapan Nunung karena menggunakan narkoba jenis sabu.

Menurut BNN, narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) adalah bahan/ zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan/ psikologi (pikiran, perasaan, dan perilaku) seseorang, serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi.

Narkoba terbagi menjadi empat kelompok yaitu Cannabis, Amphetamine Type Stimulants (ATS), Opiad, dan Tranquilizer.

Baca juga: Hati-hati dan Waspada, Kenali 3 Golongan Narkoba dan Bahayanya

Kelompok Cannabis mencakup marijuana/ ganja dan hasish (getah ganja). ATS mencakup amphetamine, ekstasi, katinon, dan sabu (methamphetamin).

Opiad mencakup heroin (putau), morfin, opium, pethidin, codein, subutek/subuxon, dan methadone. Terakhir, tranquilizer mencakup luminal, nipam, pil koplo, mogadon, Valium, camlet, dumolid, kokain, dan ketamin.

Ganja

Di Indonesia ganja kerap disebut sebagai cimeng, marijuana, gele, atau pocong. Orang-orang menggunakan ganja dengan memasukkannya ke dalam lintingan rokok atau pipa (bong).

Ketika seseorang merokok ganja, zat aktif dari ganja akan melewati paru-paru menuju aliran darah. Darah akan membawa bahan kimia tersebut ke otak dan organ-organ lain di seluruh tubuh. Pengguna akan merasakan efeknya setelah 30 menit hingga 1 jam.

Peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho, M.Sc, mengatakan bahwa pengaruh zat adiktif ganja lebih rendah dibanding sabu.

Namun, ganja juga memiliki ratusan zat psikoaktif dan Tetrahidrokabinol (THC) yang merupakan senyawa paling aktif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X