Ahli Temukan Otot Tangan Mirip Kadal pada Janin di Rahim, Apa Artinya?

Kompas.com - 06/10/2019, 19:06 WIB
Pemindaian tangan kiri memperlihatkan dorsometacarpal. RUI DIOGO, NATALIA SIOMAVA AND YORICK GOTTONPemindaian tangan kiri memperlihatkan dorsometacarpal.

KOMPAS.com -  Janin- janin di rahim memiliki otot tambahan mirip kadal di tangan mereka yang sebagian besar akan hilang sebelum bayi-bayi ini dilahirkan, itulah yang terungkap dalam pemindaian medis.

Kondisi ini kemungkinan adalah salah satu sisa evolusi yang tertua, meskipun hanya muncul pada masa yang singkat pada rahim, tulis para ahli biologi di jurnal Development.

Otot yang telah berumur 250 juta tahun ini merupakan peninggalan yang masih ada saat reptil bertransisi menjadi mamalia.

Masih belum jelas mengapa elemen ini masih ada di tubuh janin dan kemudian hilang sebelum bayi dilahirkan.

Pakar biologi mengatakan langkah pertumbuhan ini kemungkinan yang membuat ibu jari dextrous atau lebih terampil. Ibu jari, berbeda dengan jari-jari lainnya, memiliki otot tambahan.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: 3 Hal yang Picu Janin Gagal Berkembang

Kadang-kadang ditemukan anak-anak atau orang dewasa yang memiliki jari tambahan dan otot tangan, tetapi tidak pernah keseluruhan otot-otot tangan dapat dilihat ahli biologi saat mereka mengamati pemindaian 3D embrio dan janin pada usia kehamilan tujuh sampai 13 minggu.

Jika otot tambahan ini bertahan, maka seringkali ini dikaitkan dengan kecacatan anggota tubuh. Para biolog mengatakan temuan mereka, pada 15 janin yang sedang tumbuh, kemungkinan dapat membantu menjelaskan cacat lahir seperti ini.

Penulis utama laporan Dr Rui Diogo, dari Howard University, Amerika Serikat mengatakan: "Kita memiilki banyak otot di ibu jari, sehingga memungkinkan ibu jari melakukan gerakan yang sangat khusus, tetapi kita kehilangan banyak otot ke jari-jari lain.

"Saat evolusi kita sangat memerlukannya, sekarang kita tidak terlalu membutuhkannya.

"Mengapa hal itu ada? Kemungkinan kita tidak bisa selalu mengaitkannya dengan evolusi."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X