Mengapa Pria Tidak Suka Membersihkan Rumah?

Kompas.com - 01/10/2019, 07:06 WIB
Rutin Membersihkan Rumah ShutterstockRutin Membersihkan Rumah

KOMPAS.com – Penelitian membuktikan, wanita menghabiskan waktu tiga kali lipat lebih banyak dibanding pria dalam hal membereskan dan membersihkan rumah.

Bukannya pria “buta” akan kondisi sekitar. Pria dengan sadar melihat kondisi kebersihan di sekelilingnya. Hanya saja, pria tidak punya intensi lebih besar untuk melihat area di sekelilingnya bersih dan rapi.

Ketimpangan tugas

Mengutip Live Science, Selasa (1/9/2019), selain edukasi dan pekerjaan, para wanita kerap memikul beban lebih besar dalam hal pekerjaan rumah.

Per hari, rata-rata wanita menghabiskan waktu 1 jam 20 menit untuk memasak, membersihkan rumah, dan mencuci pakaian. Sepertiga dari total waktu tersebut hanya digunakan untuk bersih-bersih rumah.

Sementara itu, pria hanya menghabiskan waktu 30 menit untuk bersih-bersih rumah dengan 10 menit dihabiskan untuk merapikan sekitar.

Penelitian ini dilakukan oleh beberapa pakar sosiologi dari University of California, University of Melbourne, dan Emory University.

Baca juga: Tips Sederhana Agar Semut Charlie Alias Tomcat Tidak Masuk ke Rumah

Ketimpangan tugas rumah tangga ini berlaku untuk semua pasangan. Tidak peduli profesi, meski sang wanita bekerja dengan waktu yang lebih lama dibanding pria.

Di Swedia, di mana pemerintah setempat menggencarkan kesetaraan gender, wanita tetap melakukan mayoritas pekerjaan rumah. Wanita Swedia melakukan pekerjaan rumah dua kali lebih banyak dibanding pria.

Dengan kondisi seperti itu, seharusnya wanita memiliki banyak waktu pula untuk melakukan aktivitas lain seperti tidur, kerja, dan liburan. Namun kenyataannya tidak begitu.

Ekspektasi Sosial

Titik berat masalah terletak pada ekspektasi masyarakat terhadap peran pria dan wanita. Eksistensi seorang wanita salah satunya dilihat dari kepiawaiannya dalam membersihkan dan membereskan rumah.

Ekspektasi masyarakat yang seperti ini memotivasi wanita untuk membersihkan rumah dengan lebih giat. Namun tetap saja, tidak ada alasan bagi pria untuk membiarkan area di sekitarnya berantakan.

Baca juga: Jangan Malas, Ternyata Membersihkan Rumah Bikin Otak Awet Muda

Bisa disimpulkan, wanita menetapkan standar tinggi terhadap kebersihan dibanding laki-laki. Hal ini dianggap menjadi kewajiban bagi para wanita untuk membersihkan rumah dengan lebih giat.

Namun sayangnya, mayoritas alasan wanita untuk membereskan rumah didasari oleh ketakutan akan dinilai buruk oleh orang lain. Bukan karena “mencintai” aktivitas membersihkan dan membereskan rumah.

Hal ini bisa dilihat ketika wanita membersihkan rumah dengan lebih giat bila ada tamu yang akan berkunjung.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X