Mengenal Tikus Ompong, Hewan Endemik Sulawesi Hanya 3 Ekor di Dunia

Kompas.com - 30/09/2019, 12:32 WIB
Tikus Ompong (Paucidentomys vermidax) endemik di Sulawesi. Hewan ini baru ada 3 ekor di dunia. Tikus Ompong (Paucidentomys vermidax) endemik di Sulawesi. Hewan ini baru ada 3 ekor di dunia.

KOMPAS.com -  Tikus identik dengan hewan kotor yang suka menggigit makanan atau perkakas mudah sobek. Namun siapa sangka, ada juga tikus nyaris ompong yang sama sekali tidak memiliki gigi geraham.

Tikus ompong (Paucidentomys vermidax) pertama kali ditemukan pada 2010 di gunung Latimojong, Sulawesi Selatan. Kemudian pada 2011, spesies yang sama ditemukan di gunung Gandangdewata, Sulawesi Barat.

Karena hanya ditemukan di satu tempat, tikus omong ini disebut sebagai hewan pengerat endemik di Sulawesi, Indonesia.

Menurut keterangan LIPI, hewan omnivora ini memiliki perbedaan bentuk dan terlihat unik karena perubahan habitat dan iklim.

Baca Juga: Tikus-tikus di Indonesia Ini Punya Tampilan Unik, Seperti Apa?

Jika dilihat sekilas, tikus ompong P. verdimax tampak seperti perpaduan antara tikus dan celurut yang memiliki moncong runcing.

Berikut penjelasan Kepala Laboratorium Mamalia, Museum Zoologi Bogor (MZB) Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr drh Anang Setiawan Achmadi MSc terkait kenapa hewan pengerat satu ini dijuluki tikus ompong dan segala hal yang berkaitan dengan hewan tersebut kepada Kompas.com.

Gigi tikus ompong

Sebagai hewan pengerat bergigi sedikit, tikus ompong adalah satu-satunya binatang pengerat dari lebih 2.200 spesies yang diketahui tidak memiliki gigi geraham.

"Disebut tikus ompong karena tikus jenis ini hanya memiliki sepasang gigi seri di bagian atas Dan bawah, tidak memiliki gigi geraham lainnya sama sekali, sekilas mirip seperti taring, tapi itu gigi seri," kata Anang kepada kompas.com, Minggu (29/09/2019).

Gigi pada tikus ompong ini sangat berbeda dengan tikus rumahan yang sering kita lihat.

Anang menjelaskan, tikus rumahan umumnya memiliki tiga gigi geraham di bagian atas dan bawah, serta memiliki gigi seri juga.

Berdasarkan identifikasi, Paucidentomys vermidax memiliki dua pasang gigi seri yang runcing sebagai senjata andalan untuk berburu makanan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X