Peneliti Perancis Temukan Efek Buruk Penggunaan Menstrual Cup

Kompas.com - 28/09/2019, 20:35 WIB
Menstrual Cup Andriana Syvanych/ShutterstockMenstrual Cup

KOMPAS.com - Popularitas menstrual cup naik dalam beberapa tahun belakangan. Di Indonesia, menstrual cup mulai dikenal akhir 2018 lalu.

Penggunaan menstrual cup semakin banyak seiring dengan kepedulian masyarakat akan lingkungan, lebih murah, dan lebih tahan lama jika dibanding tampon atau pembalut.

Menstrual cup merupakan produk pengganti pembalut menstruasi. Bentuknya seperti corong dan terbuat dari silikon atau lateks yang aman untuk tubuh. Berbeda denagn tampon, menstrual cup seperti namanya, digunakan untuk menadah darah selama menstruasi.

Karena terbuat dari bahan silikon dan lateks, menstrual cup dapat digunakan dalam waktu lama hingga 10 tahun. Inilah mengapa menstrual cup dianggap lebih hemat dan ramah lingkungan, dibanding menggunakan pembalut atau tampun.

Baca juga: Halo Prof! Amankah Pakai Menstrual Cup sebagai Pengganti Pembalut?

Meski begitu, riset yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Claude Bernard di Lyon, Perancis justru menemukan bahwa penggunaan menstrual cup dapat meningkatkan risiko toxic shock syndrome (TSS) yang bisa mengancam nyawa.

TSS merupakan pertumbuhan bakteri berlebih yang ditandai dengan gejala muncul ruam, demam, tekanan darah rendah, dan dalam kasus yang jarang terjadi bisa menyebabkan kematian.

Penyakit TSS memengaruhi satu dari 100.000 perempuan di AS setiap tahun. Pada 2016, CDC AS melaporkan ada 323 kasus TSS dan 26 kematian.

Dilansir How Stuff Works (2/5/2018), peneliti menguji empat alat menstrual cup dan 11 jenis tampon untuk melihat bagaimana pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri S. aureus adalah bakteri yang menghasilkan TSST-1, racun di balik sindrom TSS.

Untuk menguji apa yang terjadi, para ahli menggunakan kantung yang dimodifikasi untuk menciptakan kondisi mirip vagina.

Studi yang terbit di jurnal Applied and Environmental Microbiology pada 20 April 2018 itu adalah studi pertama yang menghubungkan menstrual cup dengan TSS.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X