Gangguan Berkemih Pada Usia Lanjut, Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Kompas.com - 28/09/2019, 18:07 WIB
Ilustrasi lansia DragonImagesIlustrasi lansia

KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan bahwa gangguan BAK merupakan hal yang normal dialami lansia atau geriatri. Namun, sebetulnya gangguan BAK bisa diterapi.

Dilansir dari Health First oleh Rumah Sakit Pondok Indah, angka kejadian gangguan BAK meningkat seiring bertambahnya usia.

Pada pria, angka kejadiannya meningkat dari 4,8 persen pada usia 19-44 tahun menjadi 11,2 persen pada usia 45-64 tahun dan 21,1 persen pada orang yang berusia 65 tahun ke atas. Sementara pada wanita berusia lebih dari 65 tahun, angka kejadiannya mencapai 50 persen.

Sayangnya, ungkap dr Doddy Hami Seno, Sp.U, kebanyakan pasien tidak segera memeriksakan diri ke dokter sampai benar-benar menimbulkan gejala yang serius.

Padahal jika gangguan ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan menimbulkan berbagai komplikasi, seperti secara tiba-tiba tidak bisa BAK (retensi urin), terdapat batu di kandung kemih, kerusakan kandungan kemih, hingga sumbatan saluran kencing.

Tidak hanya itu, gangguan BAK bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, iritasi kulit dan dermatitis, serta urosepsis (kondisi infeksi yang mengancam jiwa).

Nah, karena peningkatan kejadian gangguan kemih tersebut berbeda antara pria dan wanita, ternyata hal yang menjadi penyebab dan gejalanya juga berbeda.

Gangguan berkemih pada pria

Faktor penyebabnya yaitu pembesaran kelenjar prostat, penyempitan saluran uretra, kandung kemih yang terlalu aktif dan juga bisa berasal dari penyebab lainnya, seperti diabetes mellitus (DM), infeksi saluran kemih (ISK), batu kandung kemih, kanker prostat, kanker kandung kemih, kelainan neurologis, konstipasi dan depresi.

Sementara gejala dari gangguan kemih pada pria ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu gejala iriatif dan gejala berkemih.

Pada gejala iriatif, adanya keinginan mendadak untuk berkemih yang tidak bisa ditahan, juga peningkatan frekuensi berkemih pada siang hari, atau sering terbangun di malam hari untuk berkemih dan mengompol sebelum sampai ke toilet.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X