Kompas.com - 25/09/2019, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Bagi yang pernah berusaha menurunkan berat badan, mestinya Anda tahu betapa sulitnya menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Banyak cara diet instan yang dapat menurunkan berat badan Anda secara drastis. Namun cara ini tidak disarankan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Penurunan berat badan yang sehat adalah jika berat badan Anda turun perlahan dan tetap.

Baca juga: Sains Diet: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Sarapan Tidak?

Dikutip dari buku "Mayo Clinic: Family Health Book" terbitan Intisari, patokan penurunan berat badan yang normal adalah seperempat hingga satu kilogram dalam seminggu. Selain itu, ada cara diet sehat dan ampuh untuk Anda.

Rencana penurunan berat badan yang baik terdiri atas tiga unsur: makanan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan sikap yang benar.

• Makanan yang Sehat

Porsi dan jenis makanan menentukan berat badan Anda. Oleh karena itu, Anda harus belajar menikmati variasi makanan yang sehat. Konsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi, rendah lemak, dan rendah kalori untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Jangan lupa minum banyak air agar metabolisme tubuh Anda tetap terjaga.

Aktivitas Fisik yang Teratur

Sebenarnya, makanan yang sehat dan seimbang belum cukup untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Anda perlu melakukan aktivitas fisik dan menjadikan olahraga sebagai rutinitas.

Anda perlu tetap aktif agar Anda tetap bugar dan sehat. Jenis olahraga yang bisa Anda coba seperti berenang, aerobik, dan atletik.

• Sikap yang Tepat

Menurunkan berat badan kedengarannya mudah diucapkan, namun sulit untuk dilakukan. Anda perlu mengetahui secara tepat berbagai faktor seperti kebiasaan, emosi, kebutuhan, pemikiran, dan perilaku yang membuat Anda sampai kelebihan berat badan agar perubahan itu bersifat konsisten.

Salah satu kunci keberhasilan adalah memiliki rencana bagaimana memadukan perubahan itu ke dalam gaya hidup kita.

Dibutuhkan komitmen serta usaha ekstra untuk mempertahankannya. Banyak godaan di luar sana yang dapat merusak diet Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan menyerah terutama jika Anda sudah berada di titik puncak badan ideal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.